Wawali Kota Tanjungbalai Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Berantas Peredaran Narkoba

Wawali Kota Tanjungbalai Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Berantas Peredaran Narkoba

RAKYATSATU.COM, TANJUNGBALAI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Tanjungbalai menggelar pertemuan terkait pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 02 Tahun 2020, tentang Rencana aksi P4GN 2020-2024 dan Pembentukan Kelurahan.

Kegiatan itu juga rangkaian pelaksanaan Pra Hari Narkotika Internasional (HANI), Bersih Narkoba (Bersinar) dan 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungbalai, yang dilaksanakan di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai Rabu (31/3/2021).

Acara yang dibuka Wakil Walikota (Wawali), H Waris dan dihadiri Kepala BNN Kota Tanjungbalai AKBP Magdalena Sirait, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, pimpinan OPD, para camat dan lurah.

Pada pertemuan tersebut, Wawali H Waris dalam arahannya mengungkapkan, Narkoba ini sudah merupakan suatu kejahatan yang luar biasa, sudah ditetapkan sebagai kejahatan yang luar biasa dan di Tanjungbalai ini sudah termasuk luar biasa peredarannya.

“Kita diharapkan berperan aktif, saya meminta Camat, Lurah dan Kepling serta masyarakat berperan aktif, paling tidak mencegah peredarannya, paling tidak kita melaporkan jika ada hal-hal yang mencurigakan, ada penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Dijelaskan dia, saat ini banyak kasus narkoba di Tanjungbalai. Terkait pemberantasan narkoba, ini termasuk dalam 100 hari program kerja Pemerintah Tanjungbalai.

“Mari kita bersama-sama bergandengan tangan berantas peredaran narkoba di Kota Tanjungbalai,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia bersama Walikota Tanjungbalai sangat konsen dengan hal penyalahgunaan narkoba, terorisme dan radikalisme.

“Walikota sangat konsen terkait hal ini, sehingga beliau beberapa waktu yang lalu telah membentuk kurang relawan anti narkoba di Kota Tanjungbalai,” jelasnya.

Komitmen kita terkait pencanangan kelurahan bersih narkoba (Bersinar), Pemkot Tanjungbalai sangat mendukung hal ini dan siap bersinergi dengan BNN Kota Tanjungbalai dan pihak terkait lainnya.

“Dan yang lainnya kita akan buat semacam rencana aksi, dimana rencana aksi itu akan terus kita lakukan, kita implementasikan sehingga peredaran narkoba di Kota Tanjungbalai ini bisa kita atasi bersama,” lanjutnya.

“Peran aktif kita semua ini sangat dibutuhkan sangat diharapkan dan ini merupakan tugas mulia karena kita menyelamatkan anak bangsa. Dan ini bukan semata-mata tugas Kepolisian, BNN, ini adalah tugas kita semua,” sambungnya.

Pada pertemuan itu, kepala BNN Tanjungbalai, AKBP Magdalena Sirait memaparkan tentang teknis pembentukan kelurahan bersinar, program Penguatan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) melalui penyebarluasan informasi ke publik.