Home / Bone / Daerah

Selasa, 30 November 2021 - 06:16 WIB

Pemkab Bone Genjot Vaksinasi Covid-19, Jubir Satgas : Apala Sudah Herd Immunity

RAKYATSATU.COM, BONE – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bone masih tergolong rendah. Hal itu terungkap pada saat Rapat Koordinasi (Rakor) Pemkab Bone dengan para unsur Forkopimda Kabupaten Bone yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bone Drs. H Ambo Dalle, MM, di Gedung PKK Bone, Kompleks Kantor Bupati Bone, Jumat (26/11/2021) lalu.

Wakil Bupati Bone menuturkan jumlah masyarakat Kabupaten Bone yang sudah divaksin masih jauh dari target.

Oleh karena itu, Ambo Dalle meminta sinergitas semua pihak agar pada akhir tahun 2021 target masyarakat Bone divaksin capai 70 persen atau 630 ribu jiwa.

” Hingga saat ini berdasarkan data Dinas Kesehatan, masyarakat Bone yang sudah divaksin baru 33 persen atau 210 ribu jiwa dari target vaksin 630 ribu jiwa, jadi masih ada sisa 420 ribuan belum divaksin,” kata Wakil Bupati Bone.

Dia menyebutkan minimal 12,800 orang divaksin setiap haru mulai besok sampai akhir Desember baru bisa tercapai.

“Camat bersama Forkopimcam harus memperhatikan wilayah desa dan kelurahan untuk capai target. Demikian pula dengan OPD, ditargetkan semua pegawainya baik PNS dan tenaga kontrak semua sudah vaksin termasuk keluarganya,” kata Wakil Bupati Bone.

Terakhir, jika menemukan ada masyarakat Kabupaten Bone yang menolak untuk divaksin tanpa ada kendala riwayat penyakit, mesti diberikan sanksi berdasarkan Perpres nomor 14 tahun 2021.

“Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima Vaksin Covid-19 yang tidak mengikuti Vaksinasi Covid-19 sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat dikenakan sanksi administratif, berupa, penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan sosial,” sebutnya.

“Kemudian penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan; dan/atau c. denda, Pengenaan sanksi administratif dimaksud dilakukan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah (pemda), atau badan sesuai dengan kewenangannya,” tambahnya.

BACA JUGA :  TPHP Sinjai Lakukan Panen Perdana Padi Hasil Penakaran Benih

Sementara itu secara terpisah, Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Bone, dr Yusuf mengemukakan, salah satu desa/kelurahan di Kabupaten Bone yang telah masuk kategori Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) adalah Kelurahan Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

Pasalnya, dari 2.629 jiwa warga Kelurahan Apala yang belum divaksin Covid-19 hingga saat ini hanya berkisar 40an orang. Itu sudah melampaui target, sebab sudah di atas 90 persen yang divaksin.

“Kelurahan Apala sudah termasuk Herd Immunity sebab sudah di atas 90 persen. Ini pencapaian yang luar biasa,” ujar dr. Yusuf.

Ia menjelaskan, Herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu sehingga memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh.

“Dengan cara ini, penyebaran penyakit tersebut dapat dikendalikan. Bergantung pada seberapa menular suatu infeksi, biasanya 70% hingga 90% populasi membutuhkan kekebalan untuk mencapai kekebalan kelompok,” pungkasnya.

Informasi yang berhasil dihimpun dari 10 Ketua RT di Kelurahan Apala bahwa berdasarkan pendataan yang dilakukan door to door di rumah warga bahwa dari sekira 40 orang yang belum divaksin tersebut yang memenuhi syarat untuk divaksin tidak mencapai 20 orang karena ada riwayat penyakit dan ada pula yang sudah uzur atau usia lanjut di atas 75 tahun.

Share :

Baca Juga

Soppeng

Produk Lokal Soppeng Dipajang di Mandalika, Kadis PPK&UKM : Sejalan Kebijakan Pemerintah

Daerah

Disperkimtan Sinjai Bakal Terbitkan Sertifikat Tanah Milik Pemda

Soppeng

Begini Cara Pemkab Soppeng Tingkatkan Kinerja Perencanaan Dalam Pemerintahan

Daerah

Apresiasi Inovasi Digitalisasi Pemkab Sinjai, Asisten Direktur BI Sulsel : Patut Dicontoh Daerah Lain

Advertorial

Pangkep Raih Penghargaan Kategori Sangat Inovatif dari Kemendagri

Wajo

Danrem 141/Tp Resmikan Rehab Bangunan Makodim 1406/Wajo

Daerah

Sambut HUT Bayangkara, 310 Warga Ikuti Vaksin di Kecamatan Tompobulu

Daerah

Selama Cuti Bersama, Pelayanan di RSUD Sinjai Tetap Terbuka