Home / Daerah

Selasa, 30 Maret 2021 - 14:46 WIB

Pemkab Sinjai Mulai Susun Rencana Kejra Tahun 2022

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 tingkat Kabupaten digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (30/3/2021)

 

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian penyusunan rencana kerja (Renja) pemerintah daerah 2022, yang sebelumnya diawali dengan Musrenbang tingkat desa, Kelurahan, Kecamatan hingga Musrenbang anak musrenbang anak dan forum perangkat daerah.

 

Menurut Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), tahapan-tahapan ini menjadi sarana penyampaian usulan kegiatan dari masyarakat dan pemerintah di kecamatan, desa dan kelurahan serta dari forum anak, sekaligus sebagai upaya mempertajam usulan kegiatan bersama seluruh kepala perangkat daerah.

 

“Tahapan kali ini memegang peranan yang sangat penting dalam pencapaian seluruh program di RPJMD, karena dokumen perencanaan ini akan menjadi dokumen tahun ke 4 dari penjabaran RPJMD tahun 2018-2023,” katanya.

 

Di tahun 2022 mendatang, Bupati ASA turut membeberkan tema RKPD Sinjai, yakni pemanfaatan sumber daya alam dan inovasi untuk memantapkan pemulihan ekonomi dan sistem kesehatan.

 

Tema ini kata Bupati ASA, telah diselaraskan dengan tema RKPD Provinsi Sulsel dan tema RKP pusat tahun 2022 dengan penyesuaian target-target yang akan dilakukan setelah perubahan RPJMD 2018-2023.

 

“Mengacu pada tema RKPD ini, maka fokus program prioritas adalah untuk memantapkan pemulihan ekonomi dan sistem kesehatan,” andasnya.

 

Kendati demikian, Bupati ASA, berharap kualitas perencanaan kedepan betul betul mampu menjawab permasalahan real yang dihadapi masyarakat saat ini.

 

“Saya berharap dokumen perencanaan yang disusun dengan baik dan bersungguh-sungguh memperhatikan seluruh kaidah dan betul-betul menjadi jalan keluar berbagai permasalahan dan isu isu strategis di Sinjai,” jelasnya.

 

Kepala Dinas Perikanan dan Kalautan Provinsi Sulsel, Ir. Hary Rustam Tawainella, mewakili Plt Gubernur Sulsel, mengemukakan prioritas pembangunan Provinsi Sulsel merupakan agenda tahunan yang dirumuskan sebagai upaya menyelesaikan permasalahan pembangunan daerah, isu strategis yang disusun berdasarkan arah kebijakan untuk menjamin sinergitas pembangunan nasional dan daerah.

 

Dengan demikian perencanaan pembangunan di tahun 2022 akan difokuskan pada pemulihan kehidupan masyarakat dan roda perekonomian untuk dapat kembali berjalan lancar, peningkatan sistem kesehatan, memperkuat ketahanan pangan nasional, membangun sistem perlindungan sosial secara terpadu.

 

Turut hadir dalam pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2022 tingkat Kabupaten Sinjai, Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, Forkopimda, Pimpinan dan anggota DPRD Sinjai, Kepala OPD, Kabag, Camat serta Kepala Desa dan pemangku kepentingan lainnya.

 

Share :

Baca Juga

Advertorial

Sebelum Berangkat ke Sulbar, Personil Misi Kemanusiaan Wajo Dirapid Antigen

Daerah

Aparat Desa Sukamaju Ikuti Pelatihan Program Pamsimas

Daerah

Andi Rio Sampaikan 4 Pilar Kebangsaan Pada Masyarakat Libureng Sekaligus Beri Sumbangan ke Masjid

Daerah

Pasar Apala Semrawut, Pengelola Pasar Hanya Tahunya Tarik Retribusi

Daerah

Menuju Pilkada Bone, Andi Herman Masih Memimpin di Poling Kita Dipepet Andi Bakti

Daerah

Jelang Idul Adha 1442 H, Danyon C Pelopor Bersama Forkopimda Bone Lakukan IniĀ 

Daerah

Hari Ibu, Ketua TP PKK Sinjai Canangkan Kampung KB

Daerah

Kabupaten Sinjai Kembali Dapatkan Jatah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya