Home / Daerah / Soppeng

Senin, 29 November 2021 - 20:04 WIB

Bupati Kaswadi Narsum di Lokakarya Advokasi Learning

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak hadiri sekaligus jadi narasumber pada Lokakarya Advokasi Horizontal Learning (AHL), Pembelajaran Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), di Tentrem Hotel, Jl Gajahmada Kembangsari, Kota Semarang, Seni (29/11/2021).

Selain Kaswadi, Kepala Daerah yang juga menjadi Narasumber pada kegiatan ini yaitu Walikota Semarang, Bupati Boyolali, Bupati Pringsewu, Bupati Gianyar dan Bupati Sleman.

Kegiatan trsebut mengangkat tema “Menguatkan Peran Kepala Daerah Membudayakan GERMAS dalam Kehidupan Bersama”.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yakni sebagian peserta dan narasumber berada di lokasi kegiatan secara luring. Sebagian besar peserta lain berada di tempat masing-masing dan mengikuti kegiatan secara daring.

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam acara Talkshow dan Sharing Session menyampaikan materi tentang bagaimana penerapan Germas di Kabupaten Soppeng diantaranya membiasakan aktivitas fisik, konsumsi pangan sehat, deteksi dini faktor risiko penyakit, menjaga kebersihan lingkungan serta melakukan edukasi perilaku sehat.

Dia juga menjelaskan mekanisme monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten soppeng, dimana Monitoring dilakukan secara terintegrasi melalui gerakan “Mappadeceng” yang melibatkan semua SKPD dan semua pihak.

“Untuk Inovasi yang dilakukan terkait Germas di Kabupaten Soppeng yaitu melakukan gerakan Sobat (Soppeng bebas ancaman tinja), Desa Stop BABS, PEDAL (Peduli Pilar) STBM, Inovasi Ganra Bersepeda (Gerakan Aksi Pemberdayaan Sekolah Peduli Demam Berdarah),” jelasnya.

Sedangkan dalam mendukung dan menindaklanjuti program GERMAS, pemerintah Kabupaten Soppeng sejak tahun 2017 telah meluncurkan program mappadeceng yang pada dasarnya merupakan gerakan masyarakat di desa dan kelurahan yang didampingi oleh masing-masing SKPD untuk melakukan pembaharuan dan merubah prilaku masyarakat agar tercipta lingkungan hidup sehat. “Dimana sekarang ini hasilnya sudah mulai kelihatan dengan beberapa penghargaan yang telah diraih seperti Kabupaten sehat, sanitasi award, inovasi sobat,” terang Kaswadi.

Acara dilanjutkan dengan pemberian apresiasi oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI kepada para narasumber yang telah memberikan inisiatif pembelajaran penerapan kebijakan Germas pada acara tersebut.

Share :

Baca Juga

Daerah

DPRD Sinjai Gelar Paripurna Bahas LKPJ Bupati Tahun 2020

Sinjai

Kapolres Sinjai Pantau Pos Pengamanan dan Pelayanan Hari Raya Idul Fitri

Daerah

Percepat Pemulihan Ekonomi, Pemkab Wajo Teken Pinjaman PEN Daerah

Sinjai

Kakan Kemenag Sinjai Silaturahmi dengan Bupati Sinjai

Advertorial

Beri Jawaban Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi di DPRD, Ini Kata Bupati Wajo

Sinjai

Gerai Panrita Bakal Hadir di Setiap Desa Se-Kabupaten Sinjai

Bone

Komisi IV DPR RI Gandeng Karantina Parepare Dorong Petani Hasilkan Jagung Kualitas Ekspor

Daerah

Hadapi Bencana Alam, BPBD Bakal Gelar Simulasi Penanganan Banjir