Home / Daerah

Kamis, 29 April 2021 - 19:26 WIB

[OPINI] Goresan Senja di Kelurahan Apala

Oleh : Sainal “Rasul” Abidin

Senja itu, Kamis (29/4/2021), kembali sya melewati tempat pendirian Bola Pajjaga Wanua Ya Tutu Ya Upe’, Ya Capa Ya Cilaka di Jl Poros Bone-Sinjai Km 8, RT 1 Lingkungan Waru, Kelurahan Apala, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone.

Kebetulan hari itu saya tidak ada jadwal buka puasa bersama dengan warga, sehingga saya ada waktu untuk buka puasa bersama dengan keluarga kecilku di Jl Sungai Musi No 16 Watampone.

Begitu saya melintas di Jl Poros Bone-Sinjai Km 8, sekira 350 meter dari kantor Pakkampi Wanua, Kelurahan Apala, langsung kutekan rem si putih sambil meminggirkannya dan mencari tempat parkir yang aman agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Jam dipergelangan tanganku menunjukkan pukul 17.05 Wita, saat saya tiba di Bola Pajjaga Wanua Ya Tutu Ya Upe’, Ya Capa Ya Cilaka dan pandangan mataku langsung tertuju ke rangka bagian atas (coppo) dan kulihat seorang lelaki yang masih muda di sana sambil bekerja dengan senyum mengambang pertanda ada kebahagiaan dan kepuasan melihat saya mampir.

“Coppona dolo ujama Puang (saya kerja dulu rangka atapnya),” ujar lelaki muda itu sambil tertawa yg akrab dipanggil Jamil.

Jamil… Ya nama itu sangat keren dan sngat populer bagi masyarakat Kelurahan Apala dan Desa Carawali (tetangga sebelah Utara Kelurahan Apala).

Jamil terus bekerja di Coppo Bola Pajjaga Wanua Ya Tutu Ya Upe’, Ya Capa Ya Cilaka sambil terus berceloteh dengan riangnya, bahkan saat memaku dan memotong kayu dengan gergaji tarik dorong, tetap bercerita dan menikmati pekerjaannya seorang diri di atas sambil sesekali minta tolong ke orang yang ada di bawahnya untuk diambilkan keperluan terhadap Bola Pajjaga Wanua tersebut.

Sainal Abidin saat si lokasi Bola Pajjaga Wanua Ya Tutu Ya Upe’, Ya Capa Ya Cilaka

“Assaleng engkana koyye diase, Tappa walupai sedding malupu sibawa dekkae di appuasannge (jika saya sudah berada di atas, maksudnya di atap Bola Pajjaga Wanua, saya terkadang lupa bahwa ini bulan Ramadhan sebab saya lupa lapar dan dahaga),” ujarnya sambil memaku.

BACA JUGA :  Tugu Kilometer 0 Sengkang Diresmikan, Bupati Harap Tingkatkan Perekenomian

“Aro buktinna mabbarakka sumbanganna Bos’E (maksudnya Letkol Laut Drs Jamaluddin), urusanna lancar maneng Puang (Ini buktinya sumbangan Pak Letkol Laut Drs Jamaluddin adalah berkah, segala sesuatu urusannya dilancarkan oleh Allah SWT),” celoteh Jamil.

Ya Senja itu berlalu dengan penuh kesan yang mendalam, di mana warga Kelurahan Apala ternyata memiliki kesadaran yang luar biasa akan pentingnya Kamtibmas dan suasana kondusif terus terjaga.

Mendirikan Pos Ronda Bola Pajjaga Wanua Ya Tutu Ya Upe’, Ya Capa Ya Cilaka tanpa pamrih dan hasil swadaya masyarakat sebab sampai saat ini baru satu orang yang menyumbangkan dananya, yakni Letkol Laut Drs Jamaluddin, sebesar Rp 5 juta dan bahkan belum ada sepeserpun dana dari pihak pemerintah Kelurahan Apala.

Jam di tanganku menunjukkan pukul 17.40 Wita, saat pamit dari tempat tersebut dan di sepanjang jalan, saya tak henti-hentinya bersyukur memiliki warga yang kesadarannya sangat tinggi demi kemajuan kampung halamannya.

Terima kasih masyarakat Kelurahan Apala dan terkhusus Kakanda (Kakakku ) yang juga sebagai orang tuaku Letkol Laut Drs Jamaluddin, atas sumbangsihnya. Insya Allah itu semua akn bernilai ibadah, apalagi di Bulan Penuh Berkah ini, Ramadhan….

Share :

Baca Juga

Sinjai

Bupati Bersama Forkopimda Sinjai Bakal Safari Ramadan

Daerah

Usai Dibangun Kembali, Kios Pasar Sentral Sinjai Segera Difungsikan

Sinjai

Bupati Sinjai Tanggapi Kelangkaan Minyak Goreng

Sinjai

Begini Perhatian Pemerintah Sinjai Pada Sektor Budidaya Rumput Laut

Daerah

Korem 141/Tp Asah Keterampilan Menembak Personelnya

Daerah

Danyon C Pelopor Wakili Dansat Brimob Polda Sulsel Ikuti Lomba Menembak di Bulukumba

Asahan

Nelayan Ini Nyambi Jual Ganja Dibekuk Polsek Sei Kepayang

Daerah

CPNS Wajo Diharap Miliki Etos Kerja dan Disiplin Tinggi