Puncak HJW Digelar di DPRD Wajo

RAKYATSATU.COM, WAJO – Puncak peringatan HJW ke 622 digelar sederhana melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Wajo, Senin (29/3/2021).

Peringatan HJW ke 622 tahun 2021 ini dikemas dengan tema, Melalui Hari jadi Wajo Kita Wujudkan Tatanan Kehidupan Normal Baru Menuju Wajo Maju Dan Sejahtera.

Rapat paripurna ini dihadiri Sekda Provinsi Sulslel, Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi Sulsel, Bupati Wajo, Wakil Bupati Wajo, Sekda Wajo, Forkopimda, Ketua Tim penggerak PKK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Sejumlah undangan lainnya.

Sidang paripurna dipimpin ketua DPRD Wajo, H. Andi Alauddin Palaguna, didampingi Wakil ketua I, Ir Firmansyah Perksesi dan Wakil ketua II, Ir H Andi Senurdin, dan dihadiri anggota DPRD Wajo lainnya.

Ketua DPRD Wajo, sebelum membuka rapat, menyampaikan rasa prihatin atas ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Makassar.

“Atas nama DPRD Kabupaten Wajo, saya sampaikan rasa prihatin atas musibah bom bunuh diri yang terjadi di Makassar kemarin,” ujarnya.

Menurut Andi Alauddin Palaguna, rapat paripurna peringatan Hari Jadi Wajo (HJW) dilaksanakan secara sederhana, ditengah pandemi Covid- 19, rapat ini dilaksanakan sesuai dengan protokoler kesehatan.

Legislator PAN ini, menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Plt Gub Sulsel yang diwakili Sekertaris daerah provinsi Sulsel, dan seluruh undangan atas kehadirannya dalam rapat paripurna HJW.

Bupati Wajo, H Amran Mahmud, mengatakan, hari ini Wajo telah berusia 622 tahun. Seiring perjalanan waktu yang panjang ini, Wajo
telah melalui berbagai masa yang dinamis, dan tercatat sebagai sejarah yang diwarnai berbagai perubahan dalam berbagai aspek kehidupan.

Mulai dari kehidupan berbangsa dan bernegara, sampai kepada kehidupan sosial, ekonomi kemasyarakatan, dan kehidupan beragama.

“Peringatan Hari Jadi Wajo ini, secara filosofis dimaksudkan untuk menengok masa lalu yang merupakan rangkaian perjalanan leluhur kita, agar dapat dijadikan sebagai pelajaran yang bernilai, dalam menapaki masa kini dan merancang masa depan yang lebih baik,” ujar Amran.

Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat, mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Wajo yang ke 622.

“Atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan selamat hari jadi Wajo ke 622,” ujarnya.

Abdul Hayat mengharapkan terjadinya pemulihan ekonomi nasional, ditengah wabah pandemi, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur harus bergerak.

Untuk pelaksanaan pemulihan ekonomi, kata Hayat, ada 2 hal yang harus dilakukan yaitu memperkuat investasi, dan menggiring pelaku sektor pertanian, perkebunan, perikanan untuk melakukan ekspor.

“Dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi, Pemprov telah membangun sejumlah infrastruktur jalan di Wajo, melalui transfer APBD Provinsi, dan pada bulan Januari telah diresmikan sejumlah ruas jalan diataranya, ruas Anabanua, ruas Sabbangparu, yang bertujuan untuk memperlancar transportasi, sehingga masyarakat lancar memasarkan hasil pertanian dan perkebunannya,” jelas Hayat.