Pemkab Sinjai Gelar Pertemuan, Bahas Penyelarasan Musrenbang dan Sasaran Pembangunan

Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib

RAKATSATU.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Forum Gabungan Perangkat Daerah di ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (29/3/2021).

Forum gabungan perangkat daerah ini dilaksanakan sebagai langkah lanjutan untuk membahas program dan kegiatan pembangunan setelah pelaksanaan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan beberapa waktu yang lalu.

Menurut Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib, forum perangkat daerah tersebut merupakan wadah komunikasi antar perangkat daerah dalam satu bidang untuk menyelaraskan hasil Musrenbang dan sasaran pembangunan antara perangkat daerah, verifikasi usulan kegiatan yang disampaikan masyarakat.

Termasuk, ungkap Irwan penyepakatan prioritas sasaran indikator target kinerja lokasi dan kelompok sasaran yang akan dituangkan dalam dokumen RKPD dan rencana kerja (Renja) pemerintah daerah tahun 2022 dengan memperhatikan pokok-pokok pikiran DPRD Sinjai.

“Pelaksanaan forum perangkat daerah sebagai bagian dari proses pelaksanaan proses musrenbang dilaksanakan dengan membagi kelompok diskusi menjadi tiga bidang antara lain bidang infrastruktur dan kewilayahan, bidang pemerintahan dan pembangunan manusia serta bidang ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA),” tandasnya.

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong, saat membuka kegiatan ini menyampaikan, RKPD dan renja perangkat daerah tahun 2022 sebagai dokumen akhir dari rangkaian proses perencanaan ini akan menjadi dokumen tahun keempat dari penjabaran RPJMD Kabupaten Sinjai tahun 2018-2023.

Sehingga, perencanaan memegang peranan penting dalam pencapaian seluruh program di RPJMD kedepan diharapkan dapat berjalan baik dengan mengedepankan kualitas perencanaan yang menjadi tolak ukur kinerja Pemkab dalam monitor tata kelola pemerintahan.

Apalagi ditengah pandemi, peran RKPD tahun 2022 sangat penting dalam menyiapkan berbagai program kegiatan yang mengarahkan pada pencegahan penyebaran pemulihan dan peningkatan daya tahan serta dalam menghadapi berbagai dampak pada sektor-sektor perekonomian, kesejahteraan dan masalah-masalah sosial lainnya.

“Terlepas dari semua itu yang paling diharapkan dari kualitas perencanaan kita adalah perencanaan yang betul-betul mampu menjawab permasalahan real dan isu-isu yang dihadapi masyarakat Sinjai”, pungkasnya.

Selain Wabup, turut hadir para Asisten Setdakab Sinjai sebagai koordinator desa, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian serta para Camat se-Kabupaten Sinjai.