Home / Daerah

Rabu, 28 Juli 2021 - 22:26 WIB

Wajo Masuk Zona Oranye Penyebaran Covid-19, Pemkab dan Forkopimda Bahas Langkah Strategis

RAKYATSATU.COM, WAJO – Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, masuk zona oranye setelah sepekan lalu berada pada zona kuning penyebaran Covid-19.

Hal itu terungkap saat Pemkab Wajo menggelar rapat koordinasi pencegahan penyebaran dan penanganan Covid-19 Wajo bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di ruang rapat Bupati Wajo, Rabu (28/7/2021).

Rakor ini untuk menindaklanjuti Instruksi Mendagri Momor 26 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1, serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Hadir dalam rakor ini Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, Dandim 1406 Wajo, Letkol Inf Muhamad Juanda Dinata, Kajari Wajo, Eman Sulaeman, Wakapolres Wajo, Kompol Andi Tonra Lipu, Pj Sekda Wajo, Andi Ismirar Sentosa, para kepala perangkat daerah terkait, serta camat.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Wajo menyampaikan, memang perlu langkah strategis untuk menangani Covid-19 secara cepat dan tepat.

“Saya berharap kolaborasi dan sinergi kita semua sehingga kita bisa upayakan agar tidak ada penambahan apalagi lonjakan kasus. Semoga dengan usaha kita bersama sehingga kita tidak naik level ke PPKM Level 3 apalagi Level 4. Kita berharap kasus terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Wajo segera bisa ke nol kasus dan zona hijau,” kata Amran.

Mengenai zona oranye penyebaran Covidi-19, dia meminta Pj Sekda dan tim ahli penanganan Satgas Covid-19 Wajo untuk segera menyusun pengaturan penerapan PPKM Level 2 di Wajo. .

Amran Mahmud juga mengapresiasi kepada seluruh Satgas Penanganan Covid-19 Wajo atas kerja keras dan kerja ikhlasnya dalam membantu penanganan Covid-19. “Terima kasih banyak atas kerja kerasnya semua. Saya berharap agar kita tetap waspada dan mencermati hal-hal yang sekiranya perlu dibenahi,” ucapnya.

BACA JUGA :  Personel Korem 141/Tp Laksanakan Doa Bersama, Rangkaian Peringatan HUT RI Ke-77 Tahun 2022

Sementara untuk masyarakat, dia mengimbau untuk tidak menganggap remeh Covid-19 dan tetap patuh dengan menerapkan protokol keseahtan (Prokes).

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar jangan lengah, tapi juga jangan panik menghadapi kondisi ini. Serius-ki’ dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain untuk, jaga diri-ta’, itu juga untuk menjaga keluarga dan orang di sekitar-ta’. Apalagi dalam satu pekan terakhir terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi positif yang cukup tinggi,” bebernya.

Sekedar informasi, jumlah kasus aktif sebanyak 99 Orang, dengan 56 orang isolasi mandiri dan 23 orang dirawat. Berdasarkan hasil tracking, kebanyakan klaster mereka yang positif adalah pelaku perjalanan dari luar daerah atau kontak dengan orang yang dari luar daerah.

Share :

Baca Juga

Sinjai

Pupuk Subsidi Mulai Berkurang, Dinas TPHP Sinjai Imbau Pengalihan ke Organik

Bone

Peringati HUT ke -76 POMAD, Denpom Bone Laksanakan Apel Corps dan Syukuran

Bone

41 Peserta Cata PK TNI AD Sub Panda Bone Dilepas Hari Ini

Sinjai

Pemkab Sinjai Siapkan Inovasi Andalan pada Komptisi Sinovik

Daerah

Apel Gabungan, Bupati Asahan Minta ASN Disiplin Jalankan Amanah

Asahan

Dilaporkan Warga Diduga Sering Transaksi Narkoba, Wanita Ini Diringkus Polisi

Daerah

Pantau Langsung Penyekatan Mudik Lebaran, Kapolres Maros Beri Penekanan dan Semangat ke Petugas

Daerah

Tersisa 16 Kasus Aktif Covid-19 di Wajo