Home / Daerah

Rabu, 28 April 2021 - 12:55 WIB

Begini Upaya BPJS Kesehatan KC Watampone Cegah Kecurangan-kecurangan JKN-KIS

RAKYATSATU.COM, BONE – Dalam upaya pencegahan kecurangan (Fraud) dan penerapan Tata Kelola yang baik pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone melakukan kegiatan pembahasan hasil audit klaim RSUD Latemmamala bersama dengan Tim Pencegahan Kecurangan JKN, Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua IDI Provinsi Sulawesi Selatan, Direktur dan Manajemen RSUD Latemmamala, pada Selasa (27/04/2021) kemarin.

BPJS Kesehatan melakukan audit klaim yang telah diajukan oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau Rumah Sakit. Hal ini dilakukan dalam rangka tercapainya penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada program JKN-KIS yang cost effective, rasional dan sesuai dengan kebutuhan peserta.

Audit klaim merupakan proses identifikasi, analisis dan evaluasi bukti pendukung berkas klaim pelayanan kesehatan dan penelitian kesesuaian antara data medis yang sudah diajukan oleh FKRTL dengan berkas pendukung, meliputi kesesuaian dan kewajaran seluruh data yang diinput dalam aplikasi sebagai ajuan klaim.

BPJS Kesehatan terus melakukan koordinasi dengan Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) agar penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) dalam pelayanan kesehatannya lebih efektif dan efisien.

TKMKB ini merupakan suatu tim independen yang terdiri dari unsur organisasi profesi, akademisi dan pakar klinis yang dibentuk untuk pengendalian mutu dan biaya dari program JKN-KIS.

“Kolaborasi antara TKMKB cabang dan TKMKB Provinsi merupakan upaya pertama kali yang kita lakukan dalam membahas masalah audit administrasi ataupun audit medis di Fasilitas Kesehatan,” jelas Sulfikar Andi Goesli, Ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Cabang Watampone dalam sambutannya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan pembahasan hasil audit administrasi klaim dan audit medis oleh Tim Pencegahan Kecurangan JKN Kantor Cabang Watampone yang dipandu oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Azis Rumalutur.

“Kita harapkan ke depannya, terjalin koordinasi dan komunikasi lebih baik lagi antara BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan, sama-sama bersinergi untuk peningkatan kualitas layanan kepada Peserta JKN dan upaya bersama pencegahan kecurangan JKN,” papar Indira Azis Rumalutur menutup presentasinya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Penegakan Disiplin Prokes, Satgas Covid Sinjai Gelar Operasi Yustisi

Daerah

HUT PMI, Tiga Organsiasi Sinjai Kompak Gelar Sebuan Vaksinasi Massal

Bone

Begini Cara Ajenrem Peringati HUT Ke-71 Ajudan Jenderal TNI AD Tahun 2021

Daerah

Bupati Asahan Lantik TP PKK Kabupaten Asahan

Daerah

Tim Pansus II DPRD Lutim Kunker ke Diskominfo Soppeng

Advertorial

Berguru Regulasi Pilkades, Anggota Dewan Takalar Berkunjung ke Komisi I DPRD Wajo

Daerah

Bupati Bone Serahkan LKPD Lebih Cepat Tiga Bulan, Kepala Sub Auditorat Sulsel lll Bilang Begini

Daerah

Rapat Paripurna DPRD Tentang Laporan Hasil Pembahasan Awal RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026