Home / Daerah

Rabu, 28 April 2021 - 12:55 WIB

Begini Upaya BPJS Kesehatan KC Watampone Cegah Kecurangan-kecurangan JKN-KIS

RAKYATSATU.COM, BONE – Dalam upaya pencegahan kecurangan (Fraud) dan penerapan Tata Kelola yang baik pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Kantor Cabang Watampone melakukan kegiatan pembahasan hasil audit klaim RSUD Latemmamala bersama dengan Tim Pencegahan Kecurangan JKN, Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua IDI Provinsi Sulawesi Selatan, Direktur dan Manajemen RSUD Latemmamala, pada Selasa (27/04/2021) kemarin.

BPJS Kesehatan melakukan audit klaim yang telah diajukan oleh Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau Rumah Sakit. Hal ini dilakukan dalam rangka tercapainya penyelenggaraan pelayanan kesehatan pada program JKN-KIS yang cost effective, rasional dan sesuai dengan kebutuhan peserta.

Audit klaim merupakan proses identifikasi, analisis dan evaluasi bukti pendukung berkas klaim pelayanan kesehatan dan penelitian kesesuaian antara data medis yang sudah diajukan oleh FKRTL dengan berkas pendukung, meliputi kesesuaian dan kewajaran seluruh data yang diinput dalam aplikasi sebagai ajuan klaim.

BPJS Kesehatan terus melakukan koordinasi dengan Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya (TKMKB) agar penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) dalam pelayanan kesehatannya lebih efektif dan efisien.

TKMKB ini merupakan suatu tim independen yang terdiri dari unsur organisasi profesi, akademisi dan pakar klinis yang dibentuk untuk pengendalian mutu dan biaya dari program JKN-KIS.

“Kolaborasi antara TKMKB cabang dan TKMKB Provinsi merupakan upaya pertama kali yang kita lakukan dalam membahas masalah audit administrasi ataupun audit medis di Fasilitas Kesehatan,” jelas Sulfikar Andi Goesli, Ketua Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya Cabang Watampone dalam sambutannya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dan pembahasan hasil audit administrasi klaim dan audit medis oleh Tim Pencegahan Kecurangan JKN Kantor Cabang Watampone yang dipandu oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Watampone, Indira Azis Rumalutur.

BACA JUGA :  Posyandu Milenial Pangkep Libatkan 6 Unsur Tangani Stunting dan Kesehatan Remaja

“Kita harapkan ke depannya, terjalin koordinasi dan komunikasi lebih baik lagi antara BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan, sama-sama bersinergi untuk peningkatan kualitas layanan kepada Peserta JKN dan upaya bersama pencegahan kecurangan JKN,” papar Indira Azis Rumalutur menutup presentasinya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Wirausaha Sinjai Respon Positif Pelatihan Pengembangan Kemasan Produk Lokal

Advertorial

Atlet Wajo Raih Medali PON, Amran Mahmud Siapkan Bonus

Daerah

Bupati Lakukan Kunker dengan Dinas Pendapatan dan Dinas P2KBP3A

Daerah

Bupati dan Forkopimda Kabupaten Asahan Ikuti Rapat Koordinasi Presiden Secara Virtual

Daerah

Ikuti Program Tahfizul Qur’an Pemerintah, Alif Mufti Ucapkan Terimakasih

Daerah

71 Pelajar di Soppeng Digembleng Menjadi Anggota Paskibraka

Daerah

Dosis Ketiga Vaksin Untuk Nakes di Sinjai Baru 6,8 Persen

Bone

Lantik Dewan Racana Pangkalan IAIN Bone, Fahsar Beri Pesan Khusus