Dongkrak Semangat UMKM di Soppeng, Pemda Datangkan Motivator

Pemda Datangkan Motivator Dongkrak Semangat UMKM di Soppeng

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Pengusaha asal Bandung, Perry Tristanto beber tips jadi pengusaha dan pelaku UKM/IKM, di forum pemberiam motivasi kepada Stakeholder se-Kabupaten Soppeng, di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng, Minggu (28/03/2021).

Para pengusaha dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Soppeng diberi pelatihan motivasi agar terus berinovasi, sehingga dapat bertahan di tengah dampak pandemi Covid-19, guna menggerakkan roda perekonomian bagi masyarakat, utamanya pengusaha dan pelaku usaha kecil dan menengah.

Dalam materinya, Perry banyak membeberkan apa yang menjadi kunci suksesnya hingga saat ini memiliki 800an karyawan yang tersebar di tanah kelahirannya, Bandung.

Perry Tristianto mengatakan para pengusaha dan pelaku UKM/IKM musti berjiwa entrepreneur, agar dapat memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi.

“Pertama-tama jiwa Enterpreneur yang harus kita bangun dulu. Karena semua profesu harus tau namanya sistem marketing,” kata Perry.

Setelah itu, adalah menciptakan pasar sendiri. Misalnya dengan membuat kue, namun konsepnya itu tidak hanya membuat kue saja lalu dijual ke warung-warung.

“Menurut saya itu salah semua. Kita harus membuat pasar sediri memberikan nama produk kita sendiri. Misal kopi yang menjadi terkenal di Soppeng. Buat nama Bolu Kopi. Kalau nama produk kita menarik, orang yang akan datang ke kita, bukan kita yang datang ke orang lalu menitip dagangan kita untuk dijual,” terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, saat membuka usaha sebaiknya jangan dibuka ditempat yang ramai, melainkan ditempat yang terbilang sepi. “Ya alasannya saya ingin menciptakan pasar bukan masuk ke pasar yang sudah ada,” ucap Perry.

Selain itu, menjadi pengusaha dan pelaku UKM/IKM kita harus memenuhi segmen pasar kita dengan melihat 4P, yakni Product (Produksi), Place (Tempat), Price (Harga) dan Promotion (Promosi).

“Ini yang harus kita perhatikan dan salahsatunya harus dipenuhi, kalau place tidak mendukung, penuhi Pricenya. Jika Pricenya dan Placenya tidak mendukung, penuhi promotionnya dengan menyapa dan seterusnya,” ujarnya.

Sementara Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak menyampaikan bahwa Pemerintah tidak pernah diam untuk meningkatakan ekonomi rakyat. “Jadi ibaratnya itu, kami panglima perang. Kalau kami bilang maju ya maju, mundur ya mundur. Makanya dengan segala macam cara kami lakukan apalagi disituasi tidak normal ini. Jadi saya harap keberadaan pak Perry bisa berkarya nyata disini. Minimal motivasi yang diberikan,” ucapnya.

Menurutnya, kalau hal ini berjalan dengan baik, maka tidak akan mengecewakan. Kaswadi pun berharap masyarakat khususnya pengusaha dan pelaku UKM/IKM dapat memanfaatkan momen ini. “Kita patut bersyukur dengan kegiatan ini. Karena banyak pengusaha sukses tapi pelit berbagi. Alhamdulillah dengan adanya pengusaha dan berbagi dengan kita tentu kita sangan terkesan,” kuncinya.