Home / Sinjai

Jumat, 28 Januari 2022 - 11:14 WIB

Edaran Pernyataan Vaksin Anak Disorot, Ini Penjelasan Dinkes Bone

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone drg Yusuf Tolo

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bone drg Yusuf Tolo

RAKYATSATU.COM, BONE – Komunitas Peduli Anak Bone menyoroti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan terkait adanya beredar surat pernyataan orangtua yang siap menanggung risiko usai anak divaksin.

Surat pernyataan tersebut menuai protes warga dengan melakukan aksi demo sebagai bentuk penolakan pemaksaan vaksin terhadap anak itu. Aksi itu berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (27/1/2022) kemarin.

Aksi protes itu disikapi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan yang juga juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kabupaten Bone drg Yusuf Tolo.

Menurut drg Yusuf vaksinasi ini adalah tindak lanjut program pemerintah bagaimana mendorong anak untuk melakukan vaksin. “Tentu dengan melewati standar prosedur yang ada di profesonal kesehatan,” kata Yusuf.

Selain itu kata Yusuf, sampai saat ini pelaksanaan vaksinasi anak berjalan lancar tanpa ada risiko. “Dari perkataan Komnas KIPI sampai saat ini belum ada datanya yang meninggal karena vaksin,” ungkapnya.

Terkait adanya beredar edaran pernyataan orang tua itu, lanjut dia, langkah Dinas Kesehatan adalah akan melakukan cross cek di lapangan adanya surat pernyataan itu.

“Mengenai surat itu Wallahualam kami juga tidak tahu kenapa ada edaran ini mungkin ada saja inisiatif dari bawah melihat kondisinya di lapangan,” terangnya.

“Langkah selanjutnya kami tidak akan menjadikan surat ini sebagai syarat pelaksanaan vaksinasi. Yang jelas orang tua bila setuju anaknya divaksin cukup hanya dalam bentuk mengantar dan mengizinkan atau menyetujui anaknya divaksin, kalau tidak setuju tidak boleh ada paksaan atau intimidasi,” tegas Yusuf Tolo.

Dijelaskan pula bahwa pada pemeriksaan screening sebelum pelaksanaan vaksinasi itu harus dilakukan pengecekan dan menggali riwayat kesehatan anak dan harus didampingi oleh orang tua karena anak tidak bisa menjawab terkait dengan riwayat kesehatannya sendiri. [Ikhlas/Sugi]

Share :

Baca Juga

Sinjai

Bupati Sinjai Bersama Istri Dapatkan Dosis Ketiga Vaksinasi

Sinjai

Bupati Sinjai Beber Inovasi Bidang Kesehatan Pada Rapat Paripurna

Sinjai

Oknum Petugas Diduga Pungli di Kawasan Wisata, Disparbud Sinjai Bakal Tingkatkan Pengawasan

Sinjai

Kadisdik Kembali Dipercaya Pimpin FORKI Cabang Sinjai

Sinjai

DPRD Pangkep Studi Komparasi Tentang Perda Pengelolaan Sampah dan Zakat di Sinjai

Sinjai

Warga Bulupoddo Keluhkan Pembangunan Tenaga Listrik, Dewan Janji Tindaklanjuti Sesuai Mekanisme

Sinjai

Pemkab Sinjai Keciprat 125 Ton Benih Padi dari Pemprov Sulsel

Sinjai

Pemberlakukan Program BPJS, Dapat Pelayanan Kesehatan Lebih Mudah