Uni Eropa Mulai Lakukan Vaksinasi Massal

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen memberikan pernyataan pers tentang hasil perundingan Brexit, di Brussel, Belgia 24 Desember 2020. [Francisco Seco / Pool via REUTERS]

RAKYATSATU.COM – Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen mengatakan fase pertama vaksinasi massal di Eropa berlangsung hari ini dengan dimulainya pengiriman vaksin Pfizer-BioNTech ke 27 negara anggota.

“Hari ini, kami mulai membalik halaman pada tahun yang sulit. Vaksin telah dikirimkan ke semua negara UE,” katanya melalui akun Twitter seperti dikutip dari CNN, Ahad, 27 Agustus 2020.

Sebelumnya, penggunaan Vaksin Pfizer-BioNTech telah disahkan oleh Uni Eropa pada 21 Desember, di tengah lonjakan kasus pada musim dingin. Vaksin, yang terdiri dari dua dosis ini, perlu disimpan pada suhu yang sangat rendah.

Meski di Eropa vaksinasi dimulai hari ini, beberapa negara anggota sudah memulainya lebih dulu. Slovakia dan Jerman melakukannya Sabtu kemarin.

Adapun untuk hari ini, vaksinasi dimulai di Italia, Spanyol dan Prancis, dengan fokus pada pekerja perawatan kesehatan garis depan, penghuni panti jompo, dan orang tua.

Di Spanyol, orang pertama yang menerima dosis vaksin adalah penduduk berusia 96 tahun di panti jompo. Yang kedua adalah anggota staf di rumah yang sama.

Italia telah menerima 9.750 dosis vaksin Pfizer-BioNTech. Lima orang pertama yang diberikan pada hari Minggu adalah pekerja medis dan peneliti garis depan

“Kami telah bertindak dalam kesatuan selama pandemi ini. Hari ini kami mulai membalik halaman bab ini, bersama-sama,”, tulis akun Twitter resmi Uni Eropa.

 

Sumber : CNN