Pilkada Serentak Belum Ada Jadwal, Aromanya Mulai Terasa di Bone

Ilustrasi

RAKYATSATU.COM, BONE – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak belum ada kepastian tetap jadwal pelaksanaannya namun aroma Pilkada tersebut mulai terasa aromanya di Bumi Arung Palakka, sebutan lain Kabupaten Bone.

Bahkan sudah ada beberapa nama bakal calon (balon) hangat dibicarakan di sejumlah tempat, khususnya di warung-warung kopi (warkop) dan adapula yang mulai melakukan poling.

Salah seorang pengamat politik di Kabupaten Bone, Andi Muhammad Edy, menjelaskan bahwa tidak bisa dipungkiri, saat ini sudah ada beberapa figur yang melakukan sosialisasi walau belum terang-terangan karena masih menunggu penetapan waktu pelaksanaan Pilkada serentak.

“Saat ini ada dua pigur politik yang ramai dibicarakan yang merupakan anggota DPR RI yakni Andi Rio Idris Padjalangi (Partai Golkar) dan Andi Akmal Pasluddin (PKS). Kedua orang tersebut memang memiliki kans/peluang yang besar tetapi bakal calon lainnya tidak bileh dianggap remeh,” ujar Andi Muhammad Edi, ke Rakyatsatu.com, Minggu (27/12/2020).

Selain itu katanya, di Kabupaten Bone pada saat Pilkada serentak nantinya, tidak ada lagi petahana/incumbent. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor, Pilkada serentak di Kabupaten Bone akan menjadi seru.

H Andi Rio Idris Padjalangi (ARIP) mengatakan kalau dirinya saat ini masih fokus di DPR RI sebagai wakil rakyat. Pilkada serentak belum ada kepastian waktu.

“Saat ini saya fokus menemui konstituen/masyarakat sebagai seorang wakil rakyat. Terkait Pilkada, biarkan takdir mengalir, namun jika masyarakat Kabupaten Bone menginginkan saya maju, kenapa tidak,” tegas Andi Rio.

Sementara itu, salah satu kandidat yang digadang-gadang juga ikut bertarung di Pilkada serentak Kabupaten Bone, Andi Akmal Pasluddin, sampai saat ini, timnya malah diduga sibuk mencari figur untuk mendampinginya (02).

Berdasarkan penelusuran Rakyatsatu.com, salah seorang pendukung bahkan diduga salah seorang dari tim Andi Akmal Pasluddin, yakni H Kamaruddin, tengah melakukan lobi dengan sejumlah orang untuk dipaketkan dengan Andi Akmal Pasluddin di Pilkada Bone nantinya.

H Kamaruddin yang merupakan pengusaha dan pemilik SPBU dan Karella Mart ini, pernah juga mendatangi ADM PGB Arasoe Bone, H Andi Arwan Arif Pallampa untuk disandingkan dengan Andi Akmal Pasluddin.

H Kamaruddin yang akrab dipanggil H Uddin, mengakui kalau dirinya tengah mendekati H Andi Arwan Arif Pallampa untuk disandingkan dengan Andi Akmal Pasluddin di Pilkada Bone nantinya.

“Ya, tentunya kami mencari figur yang layak untuk dapat memenangkan pertarungan di Pilkada Bone nantinya. Salah satu nama yang kami pertimbangkan untuk menjadi pasangan Andi Akmal Pasluddin adalah Andi Arwan,” ujar H Uddin sapaan akrabnya.

Selain itu tim Andi Akmal Pasluddin juga ditengarai mengincar sejumlah nama seperti Andi Promal Pawi (Kadis Sosial Kabupaten Bone), Hj Farida Hanafing dan beberapa nama lainnya.