Mitos Atau Fakta, Ibu Hamil Dilarang Tidur Pagi Hari?

Foto : Google

RAKYATSATU.COM – Ada beragam pantangan yang konon harus dihindari oleh ibu hamil. Salah satunya adalah tidur di pagi hari, karena dianggap dapat mengganggu kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Apakah mitos atau fakta bahwa ibu hamil dilarang tidur di pagi hari?

Banyak orang tua mengatakan bahwa ibu hamil sangat dilarang untuk tidur di pagi hari, bahkan ketika mengantuk karena sulit tidur malam harinya. Kabarnya, tidur ketika matahari telah bersinar bisa menyebabkan sel darah putih ibu hamil melonjak naik sehingga membahayakan kehamilan dan kesehatan janin.

Larangan Tidur di Pagi Hari pada Ibu Hamil Hanyalah Mitos
Bumil perlu tahu bahwa ketika hamil hampir setiap wanita akan mengalami peningkatan sel darah putih. Akan tetapi, ini tidak ada kaitannya dengan kebiasaan tidur di pagi hari yang mungkin banyak dilakukan ibu hamil yang sulit tidur di malam harinya.

Peningkatan ini sebenarnya terjadi sebagai respons dari perubahan fisik maupun fungsi organ pada tubuh ibu hamil untuk mendukung kehamilan dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Biasanya, kadar sel darah putih akan kembali menjadi normal pada 4 minggu setelah melahirkan.

Tidur adalah kenikmatan tersendiri bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang sangat mengantuk dan kurang tidur. Diketahui pula bahwa tidur yang cukup membawa manfaat besar untuk kesehatan, termasuk untuk ibu hamil.

Selain itu, saat hamil terjadi perubahan hormonal dan fisik yang menyebabkan ibu hamil rentan merasa kelelahan sehingga membutuhkan lebih banyak tidur, yaitu sekitar 7–9 jam. Namun, karena alasan yang sama, tak sedikit pula ibu hamil yang mengeluhkan kesulitan tidur di malam hari.

Bahkan, sebagian ibu hamil bisa mengalami insomnia di sepanjang kehamilan. Penyebabnya beragam, mulai dari bolak-balik buang air kecil, mual dan muntah, hingga rasa tidak nyaman pada perut dan sekujur tubuh.

Jadi, bila Bumil merasa kurang tidur dan sangat mengantuk ketika matahari telah terbit, mengapa tidak? Kurang tidur saat hamil justru meningkatkan risiko ibu hamil mengalami komplikasi kehamilan, seperti preeklamsia, dan ini bisa membahayakan keselamatan ibu hamil serta janinnya.

Sekarang Bumil tidak perlu takut untuk tidur di pagi hari lagi, ya. Malahan saat hamil, Bumil sangat dianjurkan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, misalnya dengan tidur siang, tidur lebih cepat di malam hari, atau bisa juga dengan bangun lebih lama alias masih tidur di pagi hari.

Namun, bila tidur sudah cukup tapi Bumil masih tetap merasa sangat lelah dan mengantuk seharian, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Sumber : Alodokter.com