Ini Tips Liburan Akhir Tahun Yang Aman Bersama Keluarga

Foto : Google

RAKYATSATU.COM – Kondisi pandemi masih belum usai, padahal sebentar lagi masuk masa liburan akhir tahun. Pembatasan tentu diberlakukan. Walau masih banyak yang sudah mempersiapkan perjalanan untuk liburan bersama keluarga. Menggunakan mobil untuk liburan di masa seperti ini menjadi pilihan bijak. Lebih praktis dan bisa bantu dalam pembatasan kontak untuk cegah penyebaran Covid-19. Meski tetap harus didukung beragam protokol.

Kalau sudah berencana liburan akhir tahun dengan keluarga, perhatikan tips berikut ini :

Kondisi Mobil
Paling esensial sebelum liburan dengan mobil, memeriksa kondisi kendaraan. Pastikan mobil dalam kondisi prima. Jangan sungkan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh dari bengkel resmi, meski belum saatnya servis berkala. Bisa memanfaatkan jasa dan layanan home service jika merek mobil yang dipunya menawarkan. Sekecil apa pun kekurangan kondisi mobil, sebaiknya diatasi. Anda tentu tak ingin waktu liburan terganggu dengan mobil yang merengek saat dipakai bukan? Jadi lebih baik menyempurnakannya di awal.

Pastikan juga Anda punya kontak atau layanan darurat yang bisa diandalkan. Jaga-jaga saja jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama mobil dipakai berlibur. Jangan lupakan juga perlengkapan wajib yang harus tersedia di mobil. Seperti kotak P3K, perkakas kunci, dongkrak, senter dan benda esensial lainnya.

Kondisi Kesehatan
Sebagai pengemudi, ada tanggung jawab lebih untuk menjaga keselamatan diri dan penumpang. Makanya kondisi pengemudi harus selalu fit. Agar konsentrasi bisa terus terjaga. Apalagi, jika Anda pengemudi tunggal. Tidak ada sopir cadangan yang bisa menggantikan tugas saat perjalanan panjang. Karena mengemudi bukanlah hal remeh dan pasti menguras tenaga. Konsumsi vitamin untuk membantu daya tahan tubuh.

Kalau lelah atau mulai terasa kantuk, wajib menepi dan istirahat sejenak. Manfaatkan fitur cruise control (kalau tersedia) saat melaju di jalan tol. Menyetel musik dan mengobrol dengan penumpang juga bisa membantu menghilangkan rasa bosan dan kantuk. Selama tidak mengganggu fokus Anda dalam mengemudi.

Protokol Kesehatan
Jangan remehkan protokol kesehatan. Ancaman virus corona masih sangat tinggi. Apalagi, musim liburan meningkatkan kesempatan bertemu dengan banyak orang lain. Tetap patuhi protokol kesehatan. Selalu menjaga jarak, memakai masker, rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Siapkan masker cadangan dan hand sanitizer di dalam kendaraan.

Sedia juga semprotan berisi cairan disinfektan. Bisa digunakan pada apa saja untuk lebih menjamin kebersihan dari bakteri dan virus. Bawa perlengkapan makan sendiri, tisu kering dan basah, kantong plastik untuk sampah dan sabun cair. Jangan kompromi untuk menjaga diri dan keluarga dari paparan Covid-19.

Pahami Lokasi dan Rute
Sebelum pergi, pahami lokasi yang ingin dituju. Cari informasi dari internet sebanyak-banyaknya. Bisa juga bertanya pada orang yang pernah berkunjung sebelumnya. Misal ketersediaan lahan parkir, zona terkait paparan Covid-19, lokasi menginap, warung atau mini mart, tempat makan sampai kondisi jalan dan rute yang bisa dipilih untuk mengakses daerah tujuan liburan.

Bekal Makanan dan Minuman
Tak semua tempat makan atau restoran di lokasi yang dituju bakal tersedia. Sebaiknya siapkan bekal makanan sendiri yang mudah dikonsumsi. Bahkan di dalam mobil sekalipun. Roti, makanan ringan, biskuit dan bekal minum wajib tersedia di dalam mobil. Gunakan cooler box agar lebih awet untuk menyimpan makanan dan minuman. Dengan itu, bisa meminimalisir kontak dengan orang lain, sekaligus bentuk menjaga protokol kesehatan saat liburan.

Uang Elektronik dan Pulsa
Saat ini, bepergian dengan mobil kian mudah dan cepat karena sudah banyak akses tol. Uang elektronik menjadi wajib. Sebaiknya persiapkan dan isi saldo sebelum berangkat. Uang elektronik juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran di berbagai lokasi.

Tak cuma itu, sebaiknya persiapkan pulsa pada ponsel Anda. Saat ini, orang banyak yang menggantungkan semuanya pada internet. Bahkan telfon bisa dilakukan selama ada kuota internet. Tapi tak selalu lokasi yang dituju bakal bagus sinyal atau jaringan internetnya. Kalau dibutuhkan melakukan panggilan tapi Anda tak punya pulsa dan jaringan internet buruk, bakal merepotkan.

Sumber : Oto.com