Pemkab Sinjai Kembali Buka Pendaftaran Program Bantuan Pendidikan

Kepala Sub Bagian Program Dinas Pendidikan Sinjai Suryani Thahir

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai kembali membuka pendaftaran bagi mahasiswa asal Sinjai yang ingin mendapatkan bantuan pendidikan dan beasiswa berprestasi dari Pemkab Sinjai.

Pendaftaran dimulai sejak tanggal 25 Oktober hingga tanggal 13 November 2021. Sama dengan tahun sebelumnya, proses pendaftaran dilakukan dengan dua cara yaitu melalui online pada link yang disiapkan serta metode offline atau pengumpulan berkas di Sekretariat Panitia Pelaksanan di Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai.

Kepala Sub Bagian Program Dinas Pendidikan Sinjai Suryani Thahir saat ditemui Rabu (27/10/21), bahwa pendaftaran beasiswa tahun ini merupakan yang ketiga kalinya sejak kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

“Program pemberian beasiswa berprestasi ini merupakan visi misi Bupati Andi Sinjai di sektor pendidikan dalam rangka menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing. Meski masih dalam suasana pandemi dengan keterbatasan anggaran, Pak Bupati tetap berkomitmen merealisasikan program unggulannya,”katanya.

Pemberian beasiswa berprestasi tersebut dikategorikan dalam 8 bidang, diantarannya berprestasi di bidang akademik, olahraga, keagamaan, motivasi ilmu pengetahuan dan teknologi, kepemimpinan, inovasi, kelangkaan profesi, serta utusan daerah.

Sedangkan bantuan pendidikan mahasiswa beprestasi berupa biaya penyelesaian studi dibayarkan sekali pada akhir-akhir semester.

“Beasiswa berprestasi kita bayarkan setiap semester jika memenuhi persyaratan IPK, sedangkan biaya penyelesaian studi dibayarkan hanya sekali ketika menjelang penyelesaian studi,, ” jelasnya.

Adapun target yang disiapkan untuk program bantuan pendidikan dan beasiswa berprestasi ini sebanyak 130 orang yang terdiri dari 100 Strata Satu (S1), 20 orang Magister (S2) dan 10 orang untuk Program Doktor (S3).

Jumlah anggaran yang disiapkan baik untuk rekrutmen baru maupun pembayaran SPP/UKT (Sumbangan Pembinaan Pendidikan / Uang Kuliah Tunggal) yang berjalan tiap tahun sebesar Rp 1,058 miliar. Jumlah ini sedikit mengalami peningkatan dibanding tahun lalu yang berkisar Rp 1,031 miliar.

Suryani yang juga selaku Ketua Tim Sekertariat pendaftaraan penerimaan bantuan beasiswa berprestasi ini mengajak kepada mahasiswa asal Sinjai bisa memanfaatkan program ini dengan segera melengkapi persyaratan yang ditentukan.

“Mekanisme dan tata cara pendaftaran program ini pada dasarnya sama dengan tahun lalu, yang membedakan hanya pada persyaratan. Jika tahun kemarin akreditasi perguruan tinggi/program studi minimal B, setelah adanya revisi perbup, tahun ini kita permudah syaratnya yaitu minimal terakreditasi,” ungkapnya.

Untuk kriteria dan persyaratan penerimaan beasiswa dan bantuan pendidikan mahasiswa berprestasi bisa dilihat pada link berikut Klik disini.