Home / Daerah / Soppeng

Rabu, 27 Oktober 2021 - 21:12 WIB

Kaswadi Apresiasi Kegiatan Pembinaan Komunitas Kodim Soppeng

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri acara Penyelenggaraan Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Bangsa Lainnya (Pembinaan Komunitas) dengan tema Mengawal keutuhan dan Kemajuan Bangsa dalam bingkai NKRI di Wilayah Kodim 1423 Soppeng bertempat di Lapangan Tembak La Tenribali, Rabu (27/10/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan berdasarkan Surat Perintah dan Direktif Danrem 141/Tp Nomor Sprin/481/VI/2021 tanggal 29 Juni 2021 tentang perintah untuk merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan Kegiatan Komunikasi Sosial dengan Komponen Bangsa Lainnya (Pembinaan Komunitas) di wilayah masing-masing.

Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah daerah dan pribadi memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kodim 1423 yang telah melaksanakan kegiatan pada hari ini dalam rangka membangun sinergitas komunikasi kepada semua elemen, dimana ini merupakan suatu upaya yang dilakukan mengingat situasi dan kondisi negara saat ini yang membutuhkan kita semua. Maka ini adalah moment yang harus dimanfaatkan untuk lebih melibatkan masyarakat secara penuh.

“Saya menilai, upaya yang dilakukan oleh Dandim 1423 sangatlah tepat, karena presiden memberikan pengarahan kepada kita semuanya bahwa situasi sekarang ini dibutuhkan suatu kerjasama yang kuat dengan semua elemen bangsa karena kita diperhadapkan dengan situasi harus bangkit kembali akibat dari pandemi covid-19”. Untuk situasi di Kab.Soppeng tentu kita bersyukur karena baik ekonomi dan keamanannya alhamdulillah masih berjalan dengan baik, namun demikian tentu kita berharap bahwa hal ini tidak boleh diabaikan, kita justru harus semakin merapatkan barisan sehingga semua elemen anak bangsa harus mengambil peran.

Oleh karena itu, rasa kebersamaan ini harus tetap terjaga dengan baik, komitmen kita, NKRI, merah putih harus harga mati, semua harus berjalan dengan baik. Hal ini tidak boleh diabaikan sehingga kegiatan ini minimal dapat menyegarkan kembali pentingnya rasa persaudaraan kita, sehingga komunitas ormas dan semuanya harus dirajut dengan benang kebersamaan yang tinggi, dalam arti saya sangat berharap acara ini dapat lebih mengembangkan semangat persaudaraan kita sehingga kegiatan bisa menjadi program yang berkesinambungan.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 1423 Soppeng, Letkol INF. Richard Maribot Butarbutar, S. AP, M. Tr (Han) dalam arahannya menjelaskan saya disini memberikan pemahaman terkait permasalahan keutuhan bangsa guna mendukung persatuan NKRI karena situasi sekarang sangat memprihatinkan. Terkait dengan wawasan kebangsaan dimana saya memberikan suatu gambaran bahwa indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan bangsa yang tersebar di Indonesia, dengan demikian ada banyak perbedaan dan itu akan memiliki dampak yang mungkin dapat menimbulkan terjadinya gejolak.

Sehingga dengan melihat kondisi bangsa kita saat ini, ada beberapa ancaman yang sekarang terjadi, diantaranya radikal kiri yang disponsori oleh kelompok komunis yang bergerak secara diam-diam dan tertutup, namun radikal itu bukan hanya sebuah organisasi tetapi juga tentang ideologi. Hal inilah yang harus kita waspadai bersama. Sedangkan Radikal kanan yang mengatasnamakan agama demi kepentingan tertentu untuk mengganti ideologi pancasila dengan ideologi baru. Ada juga radikal lainnya, yang memiliki visi mengambil Indonesia secara masif, serta radikal yang berbau politik. Saya sangat bersyukur, untuk di Kab.Soppeng saya tidak mendapatkan hal tersebut.

Terkait dengan isu-isu yang ingin memecah belah bangsa, saya berharap kita jangan mudah atau gampang terpengaruh dengan isu yang tidak jelas karena tujuan mereka bukan untuk menyelesaikan masalah akan tetapi membuat kita semakin ribut. Adapun masalah lain yang tak kalah pentingnya yaitu masalah sosial dan energi

kita bersyukur di sulawesi selatan kita masih dalam satu bingkai, namun saya melihat di Indonesia mulai kehilangan jati diri baik itu disadari atau tidak, kita sudah tidak bangga lagi dengan apa yang kita miliki dan ini adalah salah satu ciri-ciri kehancuran bangsa. Olehnya itu, saya minta kepada para komunitas untuk menjalankan tugasnya masing-masing, karena kita saling membutuhkan. Saya ingin mengajak kita semua untuk meningkatkan ekonomi kita, karena masih banyak yang perlu kita lakukan dan benahi bersama, saya yakin dengan potensi yang dimiliki Kab.Soppeng, banyak sekali yang dapat kita lakukan.

Turut hadir Ketua Komunitas Kompak Kab. Soppeng, Ketua Join Kab.Soppeng, Ketua Sepernas Kab.Soppeng, Ketua Hak Swara Kab. Soppeng, Ketua dxtrac Kab. Soppeng, Ketua Iwapi Kab.Soppeng.

Share :

Baca Juga

Asahan

Pemkab Asahan Gelar Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Perempuan

Sinjai

Warga yang Tinggal di Gubuk Reyok Bantah Tidak Pernah Terima Bantuan Pemerintah

Advertorial

Didampingi Bupati Wajo, Plt Gubernur Sulsel Resmikan Miniatur Ka’bah

Daerah

Wakil Bupati HaTi Turun Kejalan Berbagi Kepada Sesama

Bone

Korem 141/Toddopuli Pastikan Penerimaan Calon Taruna Akmil Dilakukan Secara Ketat dan Transparan

Daerah

Pemkab Sinjai Optimis Produksi Populasi Sapi Sesuai Target

Bone

Jelang Hari Bhayangkara Brimob Bone Baksos Sasar Rumah Ibadah

Daerah

Jelang HUT Korem 141/Tp, TNI AD di Bone Laksanakan Karya Bakti di Masjid