Home / Daerah

Selasa, 27 Juli 2021 - 11:57 WIB

SMP 16 Mandai Maros Mulai Adopsi Program Sekolah Digital

RAKYATSATU.COM, MAROS – Program sekolah digital menjadi salah satu terobosan yang mulai diadopsi oleh sejumlah sekolah di Indonesia salah satunya SMP 16 Mandai, Kabupaten Maros.

Kepala SMP 16 Mandai Drs H Muh Yusuf mengatakan konsep sekolah digital memang cukup kompleks dalam penerapannya. Tapi jika sistemnya sudah berjalan, proses pendidikan akan berjalan dengan baik.

“Sekarang ini kondisi di Sekolah kami masih terkendala sarana dan prasarana salah satunya jaringan internet dan lainnya. Namun karena kerjasama dengan semua guru dan tenaga administrasi sekolah, pengawas bina sehingga sarana pendukung sudah siap meskipun masih banyak yang perlu dibenahi,” kata Muh Yusud, Selasa (27/7/2021).

Dikatakan Yusuf, Sekolah digital akan mengaplikasikan sistem pendidikan terdigitalisasi. Bukan hanya sistem pembelajarannya saja yang terdigitalisasi, namun juga sistem manajemen sekolahnya pun juga terdigitalisasi.

“Konsep sekolah digital memang cukup kompleks dalam penerapannya. Tapi jika sistemnya sudah berjalan, proses pendidikan akan berjalan dengan baik,” terang Yusuf.

Suasana pertemuan kegiatan penerapan Program Sekolah Digital

Ditambahkan Yusuf, jika rencana ini terlaksana maka migrasi data tradisional menuju data digital yang ada di SMP 16 nantinya akan dialihkan menjadi data digital kemudian diintegrasikan secara penuh sehingga seluruh pelaksanaan sistem pendidikan sudah berbasis pada data digital.

“Salah satu contoh, absen digital guru dan tenaga kependidikan akan terekam dimana guru atau pegawai tersebut melakukan absen dan jika guru melakukan absen di rumahnya atau ditempat lain akan nampak dengan jelas lokasi dimana guru tersebut absen,” jelasnya.

Sementara itu, pengawas bina SMP 16 Mandai Drs Yasin Limpo mengatakan, terpilihnya SMP 16 Mandai menjadi sekolah digital tentunya ada persiapan yang mapan agar program ini bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA :  Catat! Begini Penegasan Danrem 141/Tp Ke Panitia Seleksi Caba PK TNI-AD Reguler

Lanjut dia, seluruh bagian dalam manajemen sekolah harus paham betul pentingnya transformasi digital ini bagi sekolah. Mengacu pada hal tersebut, visi menuju digitalisasi sekolah sudah mulai disusun. “Seluruh bagian dalam manajemen sekolah diharapkan bisa menyusun program yang sejalan,” jelas Yasin Limpo.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Maros Ir H Takdir mengatakan Lounching sekolah digital dipusatkan di SMP 16 dan ada sekitar 25 sekolah mulai dari tingkat SD dan SMP yang dipersiapkan menjadi sekolah digital di kabupaten Maros.

“Jika Bupati sudah lakukan lounching dari dari 25 sekolah digital, maka kami dari Dinas Pendidikan akan mendorong seluruh kegiatan di Sekolah tersebut sudah bisa 100% digital,” jelasnya.

Adapun faslitas itu yakni  ruang kelas digital untuk mendukung proses belajar mengajar. Sejumlah fasilitas ICT standar mulai disediakan dan proyektor dan perangkat komputer bagi guru pengajar.

“Kami berharap rencana baik ini bisa terlaksana dengan baik sehingga sekolah lainya bisa menyusul untuk menjadi sekolah digital,” kunci Kadis.

Share :

Baca Juga

Bone

BAZNAS Bone Bantu Pengobatan Bayi Dehidrasi Berat Usia 25 Hari

Sinjai

Pemkab Sinjai Pastikan Program Jamkesda Plus Tahun 2022 Tetap Berjalan

Sinjai

Rakor Pemkab Sinjai Bahas Fasilitas dan Pelayanan Puskesman Pulau Sembilan

Wajo

Kasrem 141/Tp Resmi Tutup Program TMMD Wajo

Daerah

Pemkab Asahan Gelar Promosi dan KIE Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kelahiran Mencegah Stunting

Maros

ASN Maros Mulai Ikuti Vaksinasi Booster

Daerah

Peringatan Isra Mi’raj di Kelurahan Apala Terakhir Dilaksanakan di Sini

Advertorial

Reses, Ketua DPRD Wajo Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi