Home / Nasional

Rabu, 27 Januari 2021 - 14:36 WIB

Dilantik Jokowi Besok, Jabatan Kapolri Bakal Dipegang Listyo

RAKYATSATU.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) besok, Rabu (27/1). Listyo akan menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan pensiun akhir bulan ini.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono berkata pelantikan kapolri baru digelar usai Jokowi menjalani vaksinasi Covid-19 kedua.

“Pelantikan Kapolri juga rencananya akan dilakukan besok, setelah Bapak Presiden menerima vaksinasi,” kata Heru lewat keterangan tertulis, Selasa (26/1).

Heru menyampaikan vaksinasi dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta, pagi hari. Lalu pelantikan kapolri diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta.

Listyo Sigit Prabowo adalah calon tunggal kapolri yang diajukan Jokowi ke DPR. Ia telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI pada Rabu (20/1).

Pada uji kelayakan itu, Listyo mengusung makalah “Transformasi Menuju Polri yang Presisi”. Presisi merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, transparasi berkeadilan.

Seluruh fraksi sepakat terhadap pencalonan Listyo. Keputusan itu pun disahkan lewat Sidang Paripurna DPR RI pada Kamis (21/01).

Keesokan harinya, DPR RI langsung mengirim surat persetujuan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, Jumat (22/1). Surat itu juga menyetujui pemberhentian secara terhormat Jenderal Idham Azis dari jabatan Kapolri.

Listyo saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Ia juga dikenal pernah menjadi ajudan Jokowi.

Sementara Idham Azis telah menjabat sebagai pucuk pimpinan Korpa Bhayangkara pada 1 November 2019. Idham akan mengakhiri masa baktinya di Polri pada 30 Januari 2021.

Sumber : CNN

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Usai di Vaksin Dosis Kedua, Raffi Diingatkan Jangan Nakal

Nasional

PDI-P DPRD DKI Jakarta Komentari Anies Soal Bawa Tanah Kampung Akuarium ke IKN

Ekobis

Tumbuh Optimal Diatas IHSG, Kinerja ROBOARMS Generali Tembus Lebih dari 40 Persen

Nasional

Jokowi Jalani Vaksinasi Dosis Kedua

Nasional

Pemerintah Umumkan Pembubaran FPI, Aziz : Yang Utama Usut Tuntas Kematian Pengawal Rizieq

Nasional

Pangdam Hasanuddin Hadiri Apel Dansat TNI AD Tahun 2022 di Magelang

Nasional

Puluhan Ribu Kendaraan Lintasi Tol Trans Sumatera Selama Libur Natal

Nasional

Pengendalian Covid dan Pemulihan Ekonomi Masih Jadi Fokus Pemerintah