Daihatsu Sigra, Angsuran Hanya Rp2 Jutaan

Astra Daihatsu Sigra / Ist. Foto : Google

RAKYATSATU.COM – Selama tahun 2020, Daihatsu Sigra jadi pilihan sebagai mobil keluarga. Pasalnya, ia tetap jadi ujung tombak penjualan perusahaan. Meski mengisi segmen di bawah Xenia, tapi faktanya lebih laris.

Saat ini Astra Daihatsu Motor telah menajajakan 10 tipenya. Rentang harga tersuguh mulai Rp 120,6 juta hingga Rp 163,4 juta on the road Jakarta. Cicilan bulanan pun tergolong ringan, bisa Rp 2,6 jutaan.

Dilansir dari oto.com, berdasar simulasi Astra Credit Company (ACC), uang muka Sigra 1,2 R MT (manual) harus disetor minimal 25 persen. Tapi baiknya ambil yang 30 persen agar cicilan semakin ringan. Harga resmi unit itu dibanderol Rp 149,45 juta. Untuk Down Payment perlu disediakan Rp 40,2 juta. Kemudian tenor lima tahun bisa mengangsur Rp 2,58 juta. Jadi misalnya empat tahun, berarti Anda wajib setor 2,94 juta. Sementara tiga tahun dengan setor bulanan Rp 3,6 juta.

Sedangkan Sigra tipe R bertransmisi otomatis dilego Rp 158,45 juta. Uang jaminan yang dibayar 30 persen menjadi Rp 43,47 juta. Konsumen bisa mengangsur terkecil Rp 2,68 juta dalam tempo lima tahun, Rp 3,7 juta tiga tahun dan Rp 5,27 juta selama dua tahun. Dan cicilan paling tinggi Rp 9,7 juta setahun.

Kemudian, Tipe X AT dilepas Rp 157,5 juta. Uang mukanya bisa disalurkan sebanyak Rp 42,8 juta. Anda bisa mendapat potongan 5,1 juta. Jika mengajukan tenor selama lima tahun, maka angsuran bulanan mencapai Rp 2,68 juta. Kalau mau agak pendek lagi, bisa ambil tiga tahun berikut cicilan Rp 3,78 juta. Kemudian dua tahun sebesar Rp 5,27 juta.

Tentu anda bisa memilah sesuai dengan aliran uang bulanan. Bisa dikonsultasikan dengan tenaga penjual, skema cicilan mana yang paling tepat. Untuk diketahui, besaran angka angsuran itu sudah termasuk dengan asuransi all risk. Lembaga pembiayaan itu kerap memberi cashback yang bisa dipakai untuk memotong besaran uang muka.

Spesifikasi
Tipe Sigra paling dasar (D) tidak direkomendasikan untuk dibeli sebagai mobil keluarga. Ia tampil polos tanpa ada aksesori. Bahkan tidak ada lapisan kromium di bodi. Ubahan bumper mengikuti facelift pada umumnya. Hanya saja, tidak disertakan lampu LED. Peleknya pakai model kaleng 13 inci, minus wheel cap. Bagian belakang juga belum dibekali wiper. Fitur yang sekadarnya saja, membuat tipe ini cocok dijadikan mobil operasional perusahaan. Toh petinggi Daihatsu juga menyiratkan untuk fleet market. Dan ia hanya tersemat sabuk pengaman tiga titik serta dua titik di baris ketiga. Betul, tanpa ada airbag apalagi sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS). Hanya pakai cakram biasa di depan dan drum di belakang.

Lantas unit yang sebaiknya dibeli ialah tipe R. Baik manual maupun matik 4-speed. Kemudian yang lebih murah, Sigra X. Sebab memiliki kelengkapan lebih baik. Tipe tengah itu, tertancap mesin bensin 1,2 liter 3NR-VE. Konfigurasinya empat silinder. Pasti lebih nyaman dan minim getaran dibanding tipe 3 silinder 1,0 liter.

Anda juga disuguhi tipe X standar dan X Deluxe, yang dibedakan penampilannya saja. X Deluxe diberi ornamen kromium di grille depan, lis jendela dan pelek alloy 14 inci. Sedang model standar masih pelek kaleng plus dop silver.