Namanya Melejit Dibursa Cabup Bone, Begini Tanggapan Puang Bakti

H Andi Bakti Haruni saat bersama Bupati Bone DR H Andi Fahsar usai pelaksanaan Pilkada serentak 2018

RAKYATSATU.COM, BONE – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak belum ada jadwal pasti hingga saat ini, tetapi aroma Pilkada tersebut mulai terasa di Kabupaten Bone. Bahkan saat ini beredar poling di media sosial (Medsos), Facebook (FB) dan WhatsApp (WA) yakni Polingkita.com. Hal itu kini ramai dibahas dan dibicarakan oleh masyarakat Kabupaten Bone, khususnya di warung kopi (warkop).

Poling tersebut telah diikuti dengan memberikan suara/dukungan sekira 5.614 orang hingga Sabtu (26/12/2020).

Di poling tersebut nama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bone, Andi Herman Sampara kini berada dipuncak polling dengan suara 1105.

Diurutan kedua ada Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Provinsi Sulawesi Selatan Ir H Andi Bakti Haruni, CES, yang juga mantan Penjabat (Pj) Bupati Bone, 889 suara, disusul Andi Yaqkin Padjalangi (saudara kandung Bupati Bone) 650 suara.

Munculnya nama Andi Bakti Haruni pada poling tersebut, semakin membuat hangat perbincangan di warkop-warkop yang ada dalam kota Kabupaten Bone hingga di pelosok. Pasalnya, selama ini, Andi Bakti Haruni sudah sangat jarang tampil dihadapan masyarakat Bone pasca pelantikan Bupati dan Wabup Bone terpilih, DR H Andi Fahsar M Padjalangi-Drs H Ambo Dalle MM (Tafa’dal).

Andi Bakti Haruni mengakhiri masa jabatannya sebagai Pj Bupati Bone, setelah Gubernur Sulsel Profesor DR H Nurdin Abdullah melantik pasangan Bupati terpilih Andi Fashar M Padjalangi dan Ambo Dalle, 26 September lalu di Baruga AP Pettarani Universitas Hasanuddin.

H Andi Bakti Haruni CES kini lebih banyak di Kota Makassar mengembang tugas sebagai Kadis Perkimtan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dihubungi Rakyatsatu.com, Sabtu (26/12/2020), Andi Bakti Haruni yang akrab disapa Puang Bakti, mengakui kalau dirinya kaget namanya tiba-tiba muncul di poling tersebut bahkan ia mengakui kalau hal itu diketahuinya melalui pemberitahuan wartawan.

“Ah yang benar ndi, saya sendiri kaget, heran dan tidak pernah menyangka nama saya muncul apalagi berada diurutan kedua pada poling tersebut. Bahkan nanti saya mengetahuinya setelah dihubungi teman-teman wartawan,” ujar Puang Bakti.

“Saya pribadi belum menatap ke sana (Pilkada Bone), ditaumitu ndi itu membutuhkan dana besar dan kita tahu saya mau ambil dana besar dimana. Makanya, saya tidak banyak jalan dan hingga saat ini belum memiliki tim Pilkada. Jika memang masyarakat Bone menginginkan saya biarlah itu menjadi pertimbangan tersendiri bagi saya dan salam buat semua masyarakat Bone dan teman-teman wartawan,” ujarnya.

H Andi Bakti Haruni, CES, sebelumnya menjabat sebagai Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bone pada 17 Februari (2018) lalu dilantik oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, kala itu, ia terbilang sukses menjalankan tanggung jawab tersebut.

Sebagai putera daerah asli Bone, daerah tersebut tidaklah asing baginya, Andi Bakti Haruni menjalani tugasnya sebagai Pjs sekitar dua bulan, kemudian ditunjuk kembali menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bone oleh Kementerian Dalam Negeri pada April 2018 lalu dan dilantik oleh Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono.

Andi Bakti pun mengemban tugas menjaga agar Pilkada serentak di Bone berjalan damai, aman, tentram dan kondusif. Memastikan pemerintahan berjalan sebagaimana mestinya.

Khusus Pilkada 2018, Bone saat itu menggelar dua sekaligus pesta demokrasi yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Kadis Perkimtan Provinsi Sulawesi Selatan ini mulai berkeliling dari satu desa ke desa lainnya, menemui masyarakat mengajak mereka menciptakan pilkada yang damai. Ia pun mengaku senang dengan sikap masyarakat disana yang menyambutnya tangan terbuka.

Usai mengakhiri jabatannya, Andi Bakti mengaku tidak akan melupakan itu semua, walaupun Bone adalah daerah asalnya.

“Mereka menerima saya dari berbagai lapisan, golongan, siswa, mahasiswa, pemuda, lsm, wartawan/media, aparat, politisi, kades, petani, ulama pokoknya semuanya,” katanya

Selain itu, Ia juga mengakui sangat senang kumpul dengan berbagai kalangan, mendatangi mesjid ke mesjid lainnya untuk hanya sekedar shalat berjemaah dan melakukan kunjungan kerja dari desa ke desa.

“Saya ucapkan terima kasih atas sambutannya selama saya menjabat sebagai Pj Bupati disana,” pungkasnya.