Menuju Pilkada Bone, Andi Herman Masih Memimpin di Poling Kita Dipepet Andi Bakti

Pilkada/ Ilustrasi

RAKYATSATU.COM, BONE – Meski pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Bumi Arung Palakka (sebutan lain Kabupaten Bone) belum ada jadwal/waktu pasti, tetapi nuangsa Pilkada mulai terasa. Bahkan sudah ada beberapa nama bakal calon (balon) hangat dibicarakan di sejumlah tempat, khususnya di warung-warung kopi (warkop) dan adapula yang mulai melakukan poling.

Salah seorang pengamat politik di Kabupaten Bone, Andi Muhammad Edy, menjelaskan bahwa tidak bisa dipungkiri, saat ini sudah ada beberapa figur yang melakukan sosialisasi walau belum terang-terangan karena masih menunggu penetapan waktu pelaksanaan Pilkada serentak.

“Saat ini ada dua pigur politik yang ramai dibicarakan yang merupakan anggota DPR RI yakni Andi Rio Idris Padjalangi (Partai Golkar) dan Andi Akmal Pasluddin (PKS). Kedua orang tersebut memang memiliki kans/peluang yang besar tetapi bakal calon lainnya tidak bileh dianggap remeh,” ujar Andi Muhammad Edi, ke Rakyatsatu.com, Sabtu (26/12/2020).

Selain itu katanya, di Kabupaten Bone pada saat Pilkada serentak nantinya, tidak ada lagi petahana/incumbent. Hal itulah yang menjadi salah satu faktor, Pilkada serentak di Kabupaten Bone akan menjadi seru.

Ia menambahkan, bahwa selain nama Andi Rio dan Andi Akmal, saat ini ada poling yang ramai diikuti oleh masyarakat melalui media sosial (medsos) Facebook dan WhatSaap, yakni Polingkita.com.

Poling tersebut telah mencapai lima ribuan, yakni sekira 5614 warga yang menyatakan dukungan dan memunculkan sejumlah nama.

Seperti nama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bone, Andi Herman Sampara. Bahkan nama tersebut kini berada dipuncak polling dengan suara 1105.

Diurutan kedua ada Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Provinsi Sulawesi Selatan Ir.H.Andi Bakti Haruni, CES, yang juga pernah menjadi Penjabat Bupati Bone, 889 suara, disusl Andi Yaqkin Padjalangi (saudara kandung Bupati Bone) 650 suara, H Syahrir (anggota DPRD Provinsi Sulsel) 510 suara dan diurutan kelima ada Andi Wahyudi Takwa (Ketua PAN Bone?anggota DPRD Kabupaten Bone) 429 suara

Beberapa nama yang cukup dikenal di Kabupaten Bone turut pula menjadi pilihan dalam polling tersebut. Seperti Irwandi Burhan (Ketua DPRD Bone), A. Rio Idris Padjalangi (anggota DPR RI) A. Akmal Pasluddin (anggota DPR RI), A. Akhiruddin (anggota DPRD Bone yang juga adik kandung Sekda Bone), Hj. Andi Syamsiar Halid (Kadis Pendidikan Bone yang juga saudara kandung H Andi Nurdin Halid) dan H. Muhammad (anggota DPRD Provinsi Sulsel).