Home / Daerah

Minggu, 26 September 2021 - 17:40 WIB

Sejahterakan Sektor Pertanian, Pemkab Sinjai Bakal Bangun Sentra Kawasan Komoditi Unggulan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dalam rangka mendukung visi misi Bupati Sinjai khususnya di bidang Pertanian, sejumlah terobosan dilakukan untuk mensejahterakan Warga terutama yang terkait dalam sektor pertanian.

 

 

Melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP), Ke depan Pemerintah Daerah (Pemda) Sinjai akan membangun sentra kawasan komoditi unggulan, yang memiliki nilai probabilitas tinggi.

 

 

“Kedepan kita akan membangun sentra-sentra kawasan komoditi yang masuk pada tatanan komoditi unggulan seperti, padi, jagung, dan dalam skala holtikultura itu ada bawang merah, kentang serta, untuk perkebunan terdapat kopi dan lada,” kata Kadis TPHP Sinjai, Kamaruddin Samma.

 

 

Sentra-sentra komoditi tersebut yang akan dibangun ke depan, karena termasuk komoditi sentra unggulan di Sinjai.

 

 

Kamaruddin menjelaskan, tujuan dibangun sentra komoditi tersebut untuk memudahkan pemasaran sekaligus memudahkan dalam membangun infrastruktur pada kawasan tersebut.

 

 

“Jika komoditi dipusatkan dalam satu kawasan nantinya, Pak Bupati melihat memudahkan akses untuk infrastruktur dan memudahkan dalam aspek pemasaran. Dengan begitu, dapat meningkatkan nilai ekonomi karena profit produksi disatukan,” ujarnya.

 

 

Bahkan, jika komoditi unggulan ini dibangun dalam satu kawasan sentra, memungkinkan infrastruktur lain bisa masuk, baik dari segi perindustrian, perdagangan karena sudah ada sentra yang disediakan.

 

 

Tahun depan 2022 berencana akan fokus terlebih dahulu pada pengembangan inti antara lain di Sinjai Barat untuk Kopi Arabika, jagung mungkin kita akan fokus di Sinjai timur sebagian juga di Bulupoddo sementara ingin dipetakan.

 

 

“Terkhusus untuk komoditi Padi di tempatkan di seluruh kecamatan di Sinjai yakni, terdapat delapan kecamatan,” ucapnya.

 

 

Sedangkan bawang merah diarahkan di Sinjai Barat Balakia, Kentang di Gunung Perak, sekaligus nantinya menyebrang ke Barania sebagian, karena kebetulan masuk wilayah perbatasan. Sedangkan, komoditi Lada di Tellulimpoe,” tambahnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

Dorong Generasi Muda, Bupati Sinjai Buka Entrepreneur School

Bone

Patroli Yustisi Gabungan Libatkan Pasukan Brimob Bone Bersenjata Lengkap

Daerah

Anak Nelayan Apresiasai Bupati Sinjai Karena Ini

Sinjai

Dinkes Sinjai Kerahkan Tim Kesehatan di Posko Pengamanan

Sinjai

Puluhan Miliar Disiapkan Pemerintah Sinjai Untuk Pembangunan di Pulau Sembilan

Sinjai

Brimob Bone Terjunkan 30 Personilnya Kawal PSU Pilkades Aska Sinjai

Wajo

Danrem 141/Tp Resmikan Rehab Bangunan Makodim 1406/Wajo

Sinjai

Novel Dul Abdul Rahman Diapresiasi Pemkab Sinjai