Sentra Industri Peternakan dan Logam di Sinjai Dipastikan Rampung Tahun Ini

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) untuk membangun sentra Industri Peternakan dan sentra Industri Logam dipastikan rampung pada tahun 2021 ini. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perindag dan ESDM Sinjai, Muh Saleh.

Dia mengungkapkan pembangunan sentra industri di dua Kecamatan yakni sentra Industri Peternakan di Kecamatan Sinjai Selatan dan sentra Industri Logam di Kecamatan Bulupoddo saat ini tahap Pre Construction Meeting (PCM) atau pra kontrak.

“Minggu kemarin kita sudah melakukan pcm atau pra kontrak kemudian dilanjutkan dengan pengukuran dilokasi dan minggu ini sudah mulai melakukan pekerjaan fisik pembersihan lokasi. Demikian juga di Bulupoddo mulai hari ini sudah melakukan konstruksi, sebelumnya minggu kemarin pematangan lahan,” ungkapnya saat ditemui, Senin (26/7/2021).

Dikatakan Muh Saleh bahwa, pelaksanaan masa kontrak terhadap sentra industri yang dibangun dimasa kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), itu sampai pada bulan Desember 2021 mendatang.

Hal itu, sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh konsultan pengawas dan juga pelaksana kegiatan, sehingga ditargetkan rampung pada minggu kedua bulan Desember.

“Insya Allah kontraknya per Desember dan kita berdoa mudah-mudahan tidak ada halangan di tahun 2022 mendatang sudah bisa dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku usaha,” jelasnya.

Nantinya, kata Mantan Kabag Pembangunaan Setdakab Sinjai ini, dua sentra tersebut akan disiapkan tempat untuk beberapa kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM). Sehingga dengan adanya sentra itu dipastikan akan menyerap tenaga kerja baru.

Terpisah Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, bahwa Sentra Industri ini nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya makanan hasil olahan daging dan peralatan dari hasil logam.

“Di Sentra Industri hasil peternakan nantinya berbagai hasil olahan daging siap disajikan atau dipasarkan seperti daging beku, abon dan bakso dari daging sapi maupun daging ayam. Demikian halnya di Sentra Industri Hasil Logam, para pelaku IKM bisa memproduksi parang, pisau, cangkul dan sejenisnya,” tandasnya.