Home / Daerah

Sabtu, 26 Juni 2021 - 16:28 WIB

Program Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Pemkab Sinjai, Begini Kata Akademisi

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi menjadi salah satu program yang diprioritaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai di bawah nahkoda Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA).

Terbukti, tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaan program unggulan di bidang pendidikan tersebut, selain pemberian seragam sekolah gratis bagi siswa dan siswi tingkat Sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Program ini memantik respon sejumlah kalangan, salah satunya akademisi Dr Umar Congge yang juga Rektor Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi).

Umar Congge, mengaku mengapresiasi program tersebut. Menurutnya, program ini tidak hanya sekedar janji politik belaka, namun nyata dan dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa Sinjai.

“Kita perlu mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemda karena ini merupakan bukti nyata, bukan sekedar janji-janji politik tapi itu adalah kenyataan yang dibutuhkan masyarakat,” ungkap Umar Congge belum lama ini.

Apalagi di masa pandemi saat ini, kata Umar Congge, pemenuhan kebutuhan terkait persoalan ekonomi menjadi permasalahan yang sangat perlu diatasi, bukan hanya secara pribadi oleh masyarakat tetapi juga pemerintah.

“Kebijakan pemberian beasiswa ini tentu kebijakan yang sangat bagus dan strategis. Tentu harapan kita adalah bagaimana Pemda bisa meningkatkan baik dari segi kualitas ataupun kuantitas beasiswa itu baik jumlah yang didapatkan per orang maupun dari segi jumlah mahasiswa yang mendapatkan,” tambahnya.

Kendati demikian, Umar Congge berharap proses seleksi dan verifikasi dalam penerimaan beasiswa ini harus dilakukan secara objektif, sehingga tidak ada kesan bahwa masyarakat yang tidak lolos dalam tahap tersebut merasa di zalimi atau diperlakukan tidak adil oleh Pemda.

“Saya kira selama beberapa tahun terakhir ini luar biasa terkait bantuan Pemda dengan beasiswa ini karena semua mahasiswa yang berasal dari Sinjai atau berdomisili di Sinjai, memiliki hak yang sama sebagai calon penerima bantuan. Semoga tetap berlanjut kedepannya,” harapnya.

Sebagai gambaran, program ini diperuntukan bagi jenjang Strata Satu (S1), Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Program tersebut juga tertuang dalam rencana strategis (renja) Pemkab Sinjai yang dijabarkan dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlandaskan iman dan taqwa.

Share :

Baca Juga

Daerah

Rekam Medis Inaktif RSUD Maros Dimusnahkan

Bone

Bersinergi Dengan Basarnas, Batalyon C Pelopor Gelar Latihan Bersama

Daerah

Pantau Vaksinasi, Wabup Lutfi Tekankan Hal ini

Daerah

Puluhan Pengungsi dari Sulbar Ikut Pulang ke Soppeng

Daerah

Wakil Bupati Bone Buka Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Masyarakat Pengelolaan Sampah

Daerah

Tim Wasev Mabes TNI Kunjungi Lokasi TMMD Kodim 1422/Maros

Bone

Baznas Bone Kembali Beri Bantuan Biaya Rumah Sakit, Kali Ini Buruh Bangunan

Daerah

Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Forkopincam Barebbo Bagi Masker