Libur Nasional di Inggris Akan Digelar Boxing Day, Ini Jadwalnya

Liga Primer di Inggris akan menyajikan pertandingan setelah perayaan Natal, tepatnya mulai 26 Desember. Foto: google

LONDON – Setelah perayaan Natal tahun 2020, Liga Primer akan menyajikan pertandingan yakni laga boxing day.

Istilah boxing day sebenarnya tidak muncul dari dunia sepak bola. Boxing day merupakan istilah dari salah satu hari libur nasional di Inggris yang jatuh setiap 26 Desember yang diperuntukkan bagi para pekerja di Negeri Ratu Elizabeth.

Hari libur itu berasal dari tradisi pemberian hadiah dari para bangsawan, tuan tanah, hingga pemilik modal kepada pekerja yang masih masuk bekerja ketika Natal berlangsung

Dikutip dari Sindonews.com, boxing day juga dilakukan diseluruh negara persemakmuran seperti Kanada, Selandia Baru, hingga Australia. Biasanya, tradisi yang dilakukan adalah dengan mengadakan pertandingan olahraga, kumpul keluarga, maupun berbelanja di pusat perbelanjaan.

Itu diterapkan pula di Liga Primer sendiri. Setidaknya ada 10 pertandingan yang digelar saat boxing day. Kondisi ini menjadi sarana hiburan masyarakat pencinta sepak bola dunia. Sebab, di saat kompetisi lain beristirahat, Liverpool justru harus bertanding.

Seperti LaLiga Spanyol yang kini sudah libur dan baru akan bermain lagi di akhir tahun 2020. Sementara Serie A justru mendapatkan libur yang cukup lama, lantaran baru akan dilanjutkan lagi pada awal 2021.

Sementara di Liga Primer, mereka justru harus turun lapangan sehari setelah Natal. Adanya laga boxing day itu memberi sejumlah hal positif bagi banyak orang. Pasalnya, hal itu menjadi pemasukan tambahan bagi pengiklanan dan hak siar ke berbagai penjuru dunia.

Secara komersial, ini juga merupakan pemasukan besar bagi klub-klub yang mendapat jatah bertanding. Itu sangat diperlukan, apalagi dalam kondisi pailit seperti saat ini akibat pandemi virus Corona. Namun tak heran pada akhirnya tradisi ini terus dipertahanan, sekalipun sedang terjadi wabah virus Corona.

Akan tetapi, kali ini 10 pertandingan tidak digelar sekaligus dalam sehari seperti biasanya. Padatnya jadwal musim 2020/2021 karena efek wabah virus Corona membuat boxing day edisi sekarang berlangsung selama kurang lebih tiga hari, terhitung mula 26 hingga 28 Desember 2020.

Berikut jadwal Boxing Day Liga Primer dalam WIB :

26 Desember
19:30 Leicester City vs Manchester United
22:00 Aston Villa vs Crystal Palace
22:00 Fulham vs Southampton

27 Desember
00:30 Arsenal vs Chelsea
03:00 Manchester City vs Newcastle United
03:00 Sheffield United vs Everton
19:00 Leeds United vs Burnley
21:15 West Ham United vs Brighton & Hove Albion
23:30 Liverpool vs West Bromwich Albion

28 Desember
02:15 Wolverhampton Wanderers vs Tottenham Hotspur
22:00 Crystal Palace vs Leicester City