Jalin Kerjasama Dengan Eco Farming, Begini Target Persoroda Maros Tingkatkan Hasil Pertanian

RAKYATSATU.COM, MAROS – Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda) Kabupaten Maros bekerjasama dengan Eco Farming, menggelar sosialisasi di Ruang Pola Kantor Bupati Maros dengan topik pembahasan mengenai penggunaan pupuk organik, Senin (25/10/2021).

Dalam giat ini Bupati Maros AS Chaidir Syam mengungkapkan bahwa petani di Kabupaten Maros senangtiasa meningkatkan hasil produksinya dan juga terus mengutamakan kwalitas produksi yang di hasilkan.

“Semoga petani kita bisa meningkatkan hasil produksinya, tidak hanya itu, petani juga diharap bisa meminimalisir penggunaan pupuk kimia,” ungkap Chaidir.

Selain itu Chaidir juga menyampaikan, perlu adaptasi penggunaan pupuk organik. Penggunaan pupuk organik akan membantu para petani dalam menurunkan biaya operasional tetapi tidak menurunkan hasil produksinya karna saat ini Kabupaten Maros juga di kenal sebagai salah satu Kabupaten penghasil padi di indonesia timur.

“Petani yang menggunakan pupuk organik akan terbantu dalam segi operasional, biaya produksi, bahkan dengan bekerja sama dengan Perseroda petani tidak perlu khawatir dengan turunya harga,” jelas Chaidir.

Menjawab tanggapan Bupati Maros, Direktur Utama Perseroda, Hermanto mengaku siap untuk menstabilkan harga guna tidak menyulitkan para pertani dalam menghasilkan kwalitas produksi yang baik.

“Bekerjasama dengan Eco Farming, kami akan berusaha untuk menstabilkan harga hasil tani. Maksudnya, jika harga gabah turun, ini tidak akan merugikan petani,” jelas Hermanto.

Hermanto mengungkap, penggunaan pupuk organik oleh para petani masi sangat minim. Salah satu penyebabnya adalah kelangkaan pupuk.

“Untuk mengatasi kelangkaan pupuk organik, khususnya di Kabupaten Maros, Perseroda berinisiatif untuk mengadakan sosialisasi penggunaan pupuk organi,” tuturnya.

Pihaknya menjelaskan, sosialisasi ini baru tahap awal, ini baru sosialisasi ke Kepala Desa dan Bumdes. Selanjutnya akan ada tahap sosialisasi ke petani-petani.

“Sosialisasi ini baru kita fokuskan ke Bumdes, nanti ditahap selanjutnya baru ke petani-petani,” jelas Hermanto.

Menurutnya, para petani yang menggunakan pupuk organik yakni Eco Farming tidak akan lagi merasa resah dengan ketidak stabilan harga. Para petani tidak lagi bingung harus menjual hasil taninya kemana. Perseroda menjamin kualitas pupuk Eco Farming dalam menghasilkan beras yang sehat.

“Hasil taninya nanti akan diserap oleh Perseroda dengan harga tinggi, istilahnya harga spesial. Dengan ketentuan menggunakan pupuk yang dijamin kualitasnya oleh Perseroda,” tutup Hermanto.