Home / Daerah

Rabu, 25 Agustus 2021 - 21:06 WIB

Pertama di Indonesia, Bupati Chaidir Syam Apresiasi Inovasi Pengadilan Negeri

RAKYATSATU.COM, MAROS – Bupati Maros HAS Chaidir Syam mengapresiasi Pengadilan Negeri Maros karna telah meluncurkan aplikasi SP5+ Terpadu untuk memudahkan masyarakat dalan mencari Keadilan. Rabu (25/08/2021).

“Ditengah pandemi seperti ini memang dibutuhkan loncatan inovasi, tentunya tidak terlepas dari digitalisasi,” ungkap Chaidir.

Inovasi kreatif ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat. Dan tentu Pemerintahakan terus mengawal dan berupaya memperbaiki playanan publik.

SP5+ ini adalah program yang melibatkan pihak kepolisian, kejaksaan, Pengadilan Negeri Maros dan Kalapas.

“Dengan launching SP5+ terpadu, jika ada permohonan penyitaan, penggeledahan, perpanjangan penahanan, semuanya bisa diajukan secara online,” ungkap Nurmawati selaku Kepala Pengadilan Negeri Maros.

Suasana Launching Aplikasi SP5+ Terpadu Pengadilan Negeri Maros

Aplikasi SP5+ ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia. Aplikasi pengaduan masyarakat yang mencari sedang mencari keadilan. Dibuat oleh salah satu jaksa Pengadilan Negeri Maros, Mustamin.

“Ini mempermudah para pencari keadilan, dulu yang seharusnya dalam mengurus harus datang ke pengadilan, kini cukup diajukan secara online,” jelas Nirmawati.

Pelayanan untuk kejaksaan misalnya, setiap pelimpahan perkara tidak perlu datang ke pengadilan, cukup dengan melimpah perkara secara online. Begitu juga dengan Lapasl, Nurmawati mengungkap telah melakukan MoU dengan lapas terkait pembantaran. Ketika ada tahanan yang akan dihukum lantas ada peralihan karena sakit atau ingin berobat, bisa dilakukan pengajuan secara online, tidak perlu datang ke kepengadilan.

Begitu juga jika ada keluarga tahanan yang ingin membesuk, tidak perlu mengajukan permohonan ke pengadilan, cukup diajukan secara online. Usai mengajukan permohonan untuk membesuk secara online, selanjutnya pengadilan akan membuat penetapan.

“Tidak butuh waktu berhari-hari dalam pengurusan, sekarang dengan berbantu pemanfaatan digitalisasi hanya butuh hitungan jam bahkan hitungan menit bagi pencari keadilan,” jelas Kepala Pengadilan Negeri Maros.

Share :

Baca Juga

Daerah

Petugas Gizi di Sinjai Ikuti Penguatan Manajemen Pencegahan Stunting

Advertorial

Wabup Wajo Buka STQH ke-XXXII Tingkat Kabupaten

Daerah

Selama Ramadan, Satpol-PP Sinjai Akan Lakukan Patroli Cipta Kondisi

Daerah

Di Masa Pandemi, Layanan Kesehatan PSC-119 Pemkab Sinjai Tetap Berjalan

Daerah

Diskominfo Bantaeng Belajar Inovasi Milik Pemda Sinjai

Bone

Peringati Hari Pahlawan, Danrem 141/Tp dan Bupati Bone Lakukan Upacara Bendera dan Ziarah Makam

Makassar

Nakhoda Baru BPPMDDTT, Ini Tantangan Andi Muhammad Urwah

Daerah

[OPINI] Terima Kasih TNI Polri, Telah Berikan Rasa Aman dan Nyaman Warga Apala Beribadah