Pemkot Tanjungbalai Launching Kelurahan Sadar Kerukunan dan Peresmian Tugu Kerukunan

RAKYATSATU.COM, TANJUNGBALAI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai melakukan launching Kelurahan Sadar dan Peresmian Tugu Kerukunan, Kamis (25/3/2021).

Kegiatan ini berkerjasama dengan Forum Kordinasi Umat Beragama (FKUB) Propinsi Sumatera Utara dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Propinsi Sumatera Utara.

Program dalam giat kerukunan antar umat beragama sebagai dasar dan pentingnya menjaga kerukunan beragama di Kota Tanjungbalai Kelurahan Indrasakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai dinilai sangat tepat sebagai percontohan bagi beberapa Kelurahan yang ada di Kota Tanjungbalai.

Dipilihnya Kelurahan Indrasakti sebagai percontohan tak lepas dengan melatarbelakangi dengan kehidupan keseharian dalam menakar Kelurahan sadar atas kerukunan umat beragama.

Wali Kota Tanjungbalai, HM Syahrial dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara khususnya FKUB Kota Tanjungbalai serta seluruh masyarakat yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini guna mewujudkan rasa persatuan antara umat beragama di Kota Tanjungbalai.

Menurut Wali Kota, Kelurahan Sadar Kerukunan dan Tugu Kerukunan merupakan simbol persatuan dan persaudaraan kuat ditengah masyarakat kita sehingga kita akan selalu mengingat saat melihatnya bahwa kerukunan antar umat beragama penting kita jaga dan pertahankan untuk kerukunan masyarakat di Kota Tanjungbalai. Komunikasi dan koordinasi disemua lini merupakan sistem sangat baik dalam menciptakan kerukunan umat beragama.

“Bahwa dalam kehidupan kita sehari hari membutuhkan kerukunan antar umat beragama, hal ini akan mendorong pembangunan di Kota Tanjungbalai, apapun agamanya kita harus saling menghargai antar umat beragama, sesuai Visi- Misi kami,” ujar Wali Kota HM Syahrial.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan dialog tanya jawab, penandatanganan dan pembacaan ikrar kerukunan antar umat beragama oleh tokoh lintas agama serta penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Tanjungbalai HM Syahrial, Ketua FKUB Sumut H Maratua Simanjuntak, Ka Kanwil Kemenag Sumut H Syahrul Wirda serta Forkopimda Tanjungbalai sebagai tanda diresmikannya Kelurahan Sadar Kerukunan dan tugu Kerukunan Kota Tanjungbalai.