Home / Gowa

Selasa, 25 Januari 2022 - 21:32 WIB

Pangdam XIV/Hsn Resmikan TMP Bumi Indah Gowa

RAKYATSATU.COM, GOWA – Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H meresmikan Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Indah yang dirangkaikan dengan Penandatanganan Prasasti
oleh yang dihadiri oleh Danrem 141/Toddopuli Sulsel Brigjen TNI Djashar Djamil. S.E, M.M di Desa Pao Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa, Selasa (25/01/2022).

Diawali Sambutan dari Perwakilan Keluarga yang dimakamkan di TMP Bumi Indah, Hairil Min M.Si mengatakan, jenazah para Pahlawan sebelumnya dimakamkan ditempat terpisah yang gugur oleh tentara Belanda dan selanjutnya dipindahkan di TMP Bumi Indah Kecamatan Tombolo Pao dengan upacara militer oleh Personel Kodim 1409/Gowa waktu itu.

“Atas nama keluarga dan masyarakat Kecamatan Tombolo Pao kami mengucapkan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Bapak Pangdam XIV/Hsn, Kababinminvetcaddam XIV/Hsn dan seluruh pihak sehingga Karya Bakti renovasi TMP Bumi Indah Kecamatan Tombolo Pao dapat berjalan lancar,” tuturnya.

Selanjutnya Sambutan Bupati Gowa yang dibacakan oleh Wakil Bupati Gowa H. Abd. Rauf Malaganni, S. Sos., M.Si mengatakan, Kabupaten Gowa adalah Tanah bersejarah karena di Gowa pernah berdiri kerajaan Gowa sebagai kerajaan besar diwilayah timur nusantara.

“Kehadiran kita dalam acara peresmian TMP di Gowa sudah sangat tepat karna Gowa adalah bumi para Pahlawan. Semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

“TMP ini adalah simbol perjuangan tersebut. TMP ini memberikan pelajaran bagi generasi muda untuk selalu menghormati dan menghargai jasa-jasa para pahlawan. Harapannya kita terus melanjutkan cita-cita para pahlawan yaitu dengan mengisi hal hal yang Positif,” ujarnya lagi.

Pangdam XIV/Hsn Resmikan TMP Bumi Indah Gowa

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa khususnya Kecamatan Tombolo Pao mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas perkenan Bapak Pangdam XIV/Hsn beserta jajaran sehingga TMP Bumi Indah Tombolo Pao dapat diperbaiki,” tambahnya lagi.

Dalam Sambutannya Pangdam XIV/Hsn mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak sehingga renovasi TMP Bumi Indah Kecamatan Tombolo Pao dapat berjalan lancar. TMP ini selayaknya kita jaga karna bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan.

TMP bukan hanya milik TNI atau tanggung jawab TNI, merawat TMP adalah kewajiban dan tanggungjawab seluruh rakyat Indonesia, sehingga tumbuh jiwa Nasionalisme dan ini harus diwarisi generasi penerus kita.

Semoga dengan diresmikan TMP ini menjadi momen sejarah untuk mengingatkan tentang pahlawan kita dan menanamkan jiwa Nasionalisme kepada kita dan Generasi penerus bangsa.

Sasaran pengerjaan Renovasi TMP Bumi Indah Tombolo Pao ini dengan Luas lahan : 425,52 (21,60 M x 19,70 M) yakni pembuatan pagar keliling, Floor lantai, pembuatan nisan sebanyak 34 makam, pembuatan pusara sebanyak 34 buah, jalan setapak, helem, tugu bambu, gapura, serta pemasangan rumput kleket.

Selesai peresmian dilanjutkan dengan Tabur Bunga dan foto bersama yang dirangkaikan dengan acara ramah tamah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Irdam XIV/Hsn Brigjen TNI Purbo Prastowo, S.I.P., M.M, Kapok Staf Ahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi Kaharuddin, S.I.P, Danrem 141/Tp Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E., M.M, Danrindam XIV/Hsn). Kolonel Inf Ganda Simatupang, S.E, Asrendam XIV/Hsn Kolonel Arm Erland Hendriatna, S.I.P, para Asisten Kasdam dan Kabalakdam jajaran Kodam XIV/Hsn, Kababinminvetcaddam XIV/Hsn Kolonel Cba Arwan Asrib, SE, LO AL Kodam XIV/Hsn Kolonel Mar Yudinanto, Dandim 1409/Gowa Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo, S.Sos., M.I.Pol, Dandenmadam XIV/Hsn Letkol Kav Gatot Pramono Yogi, Kasubag Log Polres Gowa. Kompol Suprapto. [Ikhlas/Rasul]

Share :

Baca Juga

Daerah

Adnan Minta Pengurus PKK Bantu Pemerintah Tingkatakan Vaksinasi