Home / Travel

Kamis, 24 Desember 2020 - 07:41 WIB

Libur Tahun Baru 2021, TN Alas Purwo Ditutup

RAKYATSATU.COM – Kawasan Taman Nasional (TN) Alas Purwo ditutup sementara saat periode libur tahun baru 2021.

Seperti diumumkan dalam unggahan Instagram resmi TN Alas Purwo @tnalaspurwo, kawasan tersebut akan ditutup mulai 30 Desember 2020 – 2 Januari 2021.

“Benar. Penutupan dilakukan karena kunjungan wisatawan meningkat signifikan dan berpotensi terjadi penyebaran Covid-19,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji dikutip Kompas.com, Kamis (24/12/2020).

Penutupan tersebut juga terdapat pula Surat Edaran (SE) Nomor: SE.08/T.38/TU-5/KSA.3.1/12/2020 tentang Penutupan Kunjungan Wisata ke Kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang ditandatangani oleh Kepala Balai TN Alas Purwo Nuryadi.

Dalam SE yang diunggah dalam Instagram @tnalaspurwo tersebut, tertera bahwa penutupan tersebut dilakukan sehubungan dengan semakin meningkatnya jumlah kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi, khususnya di sekitar desa penyangga TN Alas Purwo.

“Penutupan ini sudah kami koordinasikan dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi, dan pada prinsipnya (mereka) mendukung,” terang Probo.

Probo berharap dengan ditutupnya Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) pada kawasan TN Alas Purwo tersebut bisa menekan penyebaran Covid-19 sehingga status Banyuwangi bisa turun ke zona oranye atau kuning.

Penutupan TN Alas Purwo ini bisa jadi akan diperpanjang nantinya jika penyebaran Covid-19 masih belum bisa ditekan. Probo mengatakan pihaknya akan berdiskusi lebih lanjut soal itu dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi.

 

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Bumil Perlu Perhatikan Ini Sebelum Liburan ke Pantai

Daerah

Camping Bersama Pemkab Sidrap, Polres dan Unsur Komunitas Lakukan Aksi Taman Pohon

Travel

Mobil Baru di Tahun 2021 Harus Miliki APAR

Daerah

Replika Monas Tambah Daya Tarik Kawasan Wisata Telaga Biru

Travel

Mandalika dan Labuan Bajo Bakal Dijadikan Travel Bubble

Travel

Tips Cara Mengatasi Depresi Usai Liburan

Daerah

Wisata Alam Lejja Jadi Pilihan Santri Ponpes Yasrib Refreshing

Jakarta

Film Bertaraf Nasional, JFW Bakal Hadir di Oktober 2022