Korem 141/Tp Gelar Latihan Taktis Penaggulangan Banjir di Kota Palopo

Korem 141/Tp Gelar Latihan Taktis Penaggulangan Banjir di Kota Palopo

RAKYATSATU.COM, PALOPO – Personel Korem 141/Tp bersama Personel Kodim 1403/Palopo beserta stakeholder terkait seperti BMKG, BNPB, Basarnas, Tagana, Satpol PP Gelar Dril Taktis Latihan Penanggulangan Bencana Alam “Banjir” bertempat di Pantai Labombo Jl. Salekoe, Wara Timur Kota Palopo Sulawesi Selatan, Rabu (24/11/2021).

Kapenrem 141/Tp, Mayor Arm Arfan Towasi mengatakan bahwa kondisi wilayah Kodim 1403/Palopo yang rentan terhadap bencana alam banjir menjadi perhatian seluruh pihak tidak terkecuali Korem 141/Tp.

“Terkait penanganan bencana alam, hari ini Korem 141/Tp menggelar Latihan Taktis penanggulangan bencana alam banjir di wilayah Kodim 1403/Palopo guna menyiapkan kesiap siagaan Kodim 1403/Palopo berserta instansi terkait jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam banjir,” ujarnya.

Kasrem 141/Tp Kolonel Arh Elphis Rudy, S.E.,M.M.,M.Sc., M.S.S., selaku Komandan Latihan (Danlat) memantau langsung jalannya latihan dengan melibatkan seluruh stake holder terkait baik unsur TNI, BMKG, BNPB, Basarnas, Tagana, Satpol PP dan komponen masyarakat lainnya.

Kasrem 141/Tp Kolonel Arh Elphis Rudy, S.E.,M.M.,M.Sc., M.S.S., selaku Danlat mengatakan, latihan ini dilakukan untuk melatih seluruh aparat yang ada di Jajaran Korem 141/Tp, baik TNI-Polri, BMKG, BNPB, Basarnas, Dinas Kesehatan, PMI, Kominfo, dan masyarakat dengan tujuan untuk meminimalisir adanya korban bencana.

Latihan penanggulangan bencana alam banjir diakhiri dengan Kaji Ulang oleh Kasrem 141/Tp. Pada kesempatan ini Kasrem menyampaikan beberapa hal yang intinya mengucapkan banyak terima kasih kepada intansi lain yang telah bersedia membantu kelancaran kegiatan, Harapannya dengan adanya Pelatihan ini kita bisa lebih mempersiapka diri, mengatahui apa saja yang dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam banjir khususnya di wilayah Kodim 1403/Palopo.

Kolonel Inf Rudi AR selaku Wasev (pengawas dan Evaluasi), kegiatan memberikan perhatian yang intinya Untuk dapat mengatasi hal yang urgensi seperti ini unsur-unsur yang terlibat tentunya perlu menyiapkan fisik yang kuat karena jika terjadi hal seperti ini tenaga akan terkuras banyak, apabila tidak mempersiapkan fisik terlebih dahulu maka bisa saja terjadi kondisi tubuh yang akan turun.

Harapannya pada tertua yang ada disetiap instansi agar lebih mempersiapkan fisik anggota agar saat terjadi hal seperti ini dapat mengerjakan tugasnya dengan maksimal.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kasilog Kasrem 141/Tp Kolonel Inf Drs. Miftahul Huda Mukti, Wassev Kodam XIV Hassanuddin Kolonel Inf Rudi AR, Dandim 1403/Palopo Letkol Inf Gunawan S.I.P, Kasdim 1403/Palopo Mayor Kav Suparman, Pasi Wanmil Siter Korem 141/Tp Mayor Inf Muhammad Ilyas.

Para Kordinator Unsur Pelaksana, Tagana Dinas sosial Kota Palopo, BPBD Kota Palopo, Basarnas Kota Palopo, Satpol pp Kota Palopo, Damkar Kota Palopo, PMI Kota Palopo.