Home / Daerah

Selasa, 24 Agustus 2021 - 13:17 WIB

Bappeda Sinjai Rakor Bahas Penanggulangan Kemiskinan

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai menggelar Rapat koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Sinjai Tahun 2021 digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Selasa (24/8/2021).

Rapat ini dipimpin oleh Wakil Bupati Sinjai Hj A Kartini Ottong yang dihadiri oleh Sekda Sinjai Akbar, para Asisten, para Kepala OPD, Kabag, Camat, pendamping PKH serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada di Sinjai.

Wakil Bupati Sinjai mengatakan bahwa perlu adanya program-program dari perangkat daerah maupun lintas sektor dalam pengentasan kemiskinan dengan sasaran pada masyarakat miskin berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Dibutuhkan inovasi-inovasi dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat utamanya dalam menuntaskan kemiskinan. Mudah-mudahan dengan data yang akurat, program pengentasan kemiskinan betul-betul tepat sasaran,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib mengemukakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mendengarkan program pengentasan kemiskinan dari masing-masing OPD untuk tahun anggaran 2022.

“Kita harapkan OPD punya program khusus untuk dijadikan pilot project dalam penanggulangan kemiskinan yang bisa direplikasi di desa,” katanya.

Selain itu lanjut Irwan, sesuai arahan Pemerintah Provinsi, tahun depan diharapkan Pemkab bisa mereplikasi beberapa pilihan inovasi percontohan penanggulangan kemiskinan yang ada di daerah lain.

“Ada beberapa pilihan inovasi yang bisa kita replikasi diantaranya Laboratorium kemiskinan melalui jurus jitu pengentasan kemiskinan berkearifan lokal di Kabupaten Pekalongan, Gebrak Bimantika (Gerakan Bersama Kabupaten Bima Anti stunting, Kekurangan Gizi dan Anemia) serta inovasi Gerakan Kembali Bersekolah dari Kabupaten Bone terkait upaya perbaikan akses pelayanan dasar bidang pendidikan,” sebutnya.

Menurutnya berdasarkan data dari Badan Pusat Statisik (BPS) Sinjai angka kemiskinan tiap tahun menurun, dimana tahun 2018 sebesar 9,28 %, di tahun 2019 sebesar 9,14%, kemudian di tahun 2020 turun menjadi 9 % dan tahun ini ditargetkan turun menjadi 8,85 %.

BACA JUGA :  Menpora Buka Liga Beringin di Bone, Begini Harapan Bupati Fahsar

“Kita berharap melalui beberapa pilihan inovasi ini serta inovasi dari masing-masing OPD, kita optimis angka kemiskinan di Sinjai bisa turun menjadi 7.90 % di tahun 2023 sesuai target RPJMD, ” harapnya.

Share :

Baca Juga

Daerah

H Surya Sampaikan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026

Daerah

World Cleanup Day, Amran Mahmud Harap Wariskan Budaya Bersih

Sinjai

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Sinjai Salurkan Bantuan Benih Ikan

Bone

Bupati Bone Keluarkan SE Perkemahan Pramuka, Penggiat Sosial : Jawab Rasa Rindu Masyarakat

Enrekang

Didampingi Danrem 141/Tp, Pangdam XIV/Hasanuddin Kunker di Kodim 1419/Enrekang

Daerah

Tarif Angkutan Naik Sepihak, Pemerintah Bakal Panggil Perwakilan Trayek

Advertorial

Bupati Wajo Kunjungi Daerah Yang Terkena Bencana Longsor

Sinjai

Pupuk Subsidi Mulai Berkurang, Dinas TPHP Sinjai Imbau Pengalihan ke Organik