Home / Daerah

Sabtu, 24 April 2021 - 11:53 WIB

Hari Kesiapsiagaan Bencana, Begini Kata Kalaksa BPBD Bone

RAKYATSATU.COM, BONE – Jepang adalah salah satu negara dengan potensi Bencana yang cukup besar diantaranya adalah gempa bumi dan Tsunami. Namun kemampuan jepang dalam penanggulangan bencana adalah salah satu yang terbaik di dunia bahkan menjadi rule model dalam penanggulangan bencana.

Kemampuan jepang dalam mengidentifikasi potensi bencana, membuat estimasi prakiraan terburuk dampak bencana, kemampuan mitigasi bencana baik struktural maupun non struktural yang diintegrasikan dalam model sistem pembangunan membuat negara ini mampu meminimalisir resiko dan korban saat terjadi bencana.

Dalam setiap peristiwa bencana banyaknya korban yang terdampak lebih disebabkan ketidak siapan dalam menghadapi bencana. Baik karena ketidak tahuan masyarakat tentang tanda tanda akan terjadinya bencana, tidak adanya prosedur evakuasi, mitigasi bencana yang tidak matang serta disaster management yang belum sempurna.

Lalu bagaimana ancaman bencana di Indonesia? Negara kita disebut ring of fire karena wilayah kita di penuhi oleh jaringan gunung berapi aktif serta jalur jalur patahan gempa. Setiap bencana besar yang terjadi selalu menimbulkan resiko yang cukup besar baik korban jiwa, harta maupun infra struktur.

Oleh sebab itu disaster management system atau managemen penanggulangan bencana harus menjadi perhatian penting bagi pemerintah dan seluruh masyarakat. Kemampuan mitigasi bencana, menjaga keseimbangan alam, dan strategi penanggulangan bencana menjadi hal yang wajib hukumnya untuk meminimalkan resiko saat terjadinya bencana.

Bencana adalah sesuatu hal yang pasti akan terjadi dan tidak bisa dihindari. Tetapi kita bisa meminimalkan resiko apabila terjadi bencana dengan membangun sistem penanggulangan kebencanaan yang baik dan diaplikasikan dalam setiap proses pembangunan serta kemasyarakatan

Melalui hari kesiap siagaan bencana mari kita tingkatkan kemampuan kita dalam mencegah dan menghadapi bencana yang kapan saja bisa terjadi. Mari menjadi relawan tangguh bencana.

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Vaksin Terbatas, Antusias Masyarakat Ikuti Vaksinasi Cukup Tinggi

Daerah

Bupati dan BPN Sinjai Bahas Upaya Sertifikasi Aset Pemda

Daerah

Jelang Idul Adha 1442 H, Danyon C Pelopor Bersama Forkopimda Bone Lakukan IniĀ 

Daerah

Bareng DJBC Makassar, Pemkab Sinjai Gelar Operasi Berantas Rokok Ilegal

Advertorial

Sebelum Berangkat ke Sulbar, Personil Misi Kemanusiaan Wajo Dirapid Antigen

Sinjai

Ketua Komisi III DPRD Sinjai Pimpin Raker Bersama Mitra Kerja

Daerah

Tarif Parkir Disoal, Arialdi Kamal Sebut Angkasa Pura 1 Tak Hargai DPRD dan Pemkab Maros

Daerah

Dzikir dan Doa Bersama Dalam Rangka Hari Jadi ke-75 Kabupaten Asahan