Home / Daerah

Sabtu, 24 April 2021 - 13:44 WIB

Bupati Andi Seto Pantau Harga Bahan Pokok di Pasar

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Di libur akhir pekan, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) meluangkan waktunya untuk melakukan pemantauan harga bahan pokok di pasar sentral Sinjai, Sabtu (24/4/2021)

Pemantauan harga kebutuhan pokok ini merupakan tindak lanjut dari arahan pihak Kementerian perdagangan bersama Kapolri di bulan suci Ramadan hingga jelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Di dampingi Kapolres Sinjai, AKBP Iwan Irmawan, Bupati ASA menyusuri lorong-lorong pasar untuk memantau harga kebutuhan pokok di beberapa pedagang pasar sentral Sinjai.

Menurut Bupati ASA, harga kebutuhan pokok di pasar sentral Sinjai saat ini masih bermacam-macam, namun secara umum kata dia harga kebutuhan pokok relatif normal.

“Harga masih bermacam-macam di tingkat pengecer, tapi secara umum harga saat ini masih stabil, belum terlalu banyak yang naik. Paling yang naik itu hanya Rp1000-2000,” katanya.

Kini yang menjadi perhatian Pemkab Sinjai adalah harga cabai rawit yang masih melonjak di harga Rp60 ribu per kilogram (Kg), termasuk harga cabai keriting yang naik hingga Rp20 ribu per Kg dari harga sebelumnya.

“Nanti kita koordinasikan dengan bagian ekonomi, Dinas Pertanian untuk mencari penyebab inflasi atau kenaikan harga seperti yang terjadi saat ini,” sambungnya.

Kendati demikian, Bupati ASA memastikan ketersediaan kebutuhan pokok aman atau lebih dari cukup hingga lebaran idul fitri 1442 Hijriah.

Contohnya, saat ini kata ASA, stok beras di Kabupaten Sinjai 1.013. 075 ton, cukup hingga enam bulan kedepan ditambah 150 ton untuk bulan ini. Kebutuhan lainnya seperti gula pasir 1.150 zak, terigu 16.00 zak serta minyak dan kebutuhan pokok lainnya juga lebih dari cukup.

“Insya Allah ketersediaan pengan atau kebutuhan pokok kita selama ramadan hingga lebaran lebih dari cukup khusus untuk kebutuhan pokok, antara lain beras, gula, telur dan lainnya. Nanti kita cek ulang lagi harganya seminggu sebelum lebaran,” jelasnya.

Pemantauan kebutuhan pokok di pasar sentral Sinjai ini turut dihadiri Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Sinjai, Muh Saleh, dan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan.

Share :

Baca Juga

Daerah

Kunjungi Kantor Lurah Kisaran, Wabup Minta Pelayanan Ditingkatkan

Daerah

Sinjai Jadi Daerah Program Parioritas Nasional Keamanan Pangan

Daerah

Komitmen Pemkab Sinjai Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis

Bone

Danrem 141/Tp Hadiri Rapat Paripurna HJB Ke-692

Bone

Kafilah Sinjai Disambut Asisten I Setdakab Bone

Daerah

Koni dan Dispora Maros Bahas Anggaran dan Bonus Atlet Porprov     

Bone

Korem 141/Tp Ikuti Rapim Virtual Pangdam XIV/Hsn

Daerah

Hadiri MoU Polres dan PT Pos Sinjai, Wakil Ketua II DPRD : Mempermudah Pelayanan Untuk Masyarakat