Pemkab Sinjai Ikuti Evaluasi Penilaian APE 2021

Pemkab Sinjai Ikuti Evaluasi Penilaian APE 2021

RAKATSATU.COM, SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengikuti evaluasi atau penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021 secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai. Rabu, (24/03/2021)

Penilaian APE yang dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak RI dua tahun sekali ini diikuti langsung Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) serta seluruh pokja yang tergabung dalam pengarusutamaan gender.

Bupati ASA menyampaikan, pengarusutamaan gender menjadi strategi wajib dalam pembangunan daerah. Apalagi saat ini kebijakan tentang pengarusutamaan gender juga telah diimplementasikan dalam bentuk infrastruktur yang fleksibel sesuai Permendagri nomor 67 tahun 2011.

“Regulasi tentang pengarusutamaan gender ini memberikan kita pedoman untuk pelaksanaan pengaruh keutamaan gender di daerah yang kemudian diikuti dengan terbitnya berbagai regulasi teknis di berbagai sektor pembangunan baik sosial, ekonomi dan budaya”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan, selain tata kelola pemerintahan yang baik dan pembangunan yang berkelanjutan, pembangunan berspektif gender telah merambah ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Sinjai itu sendiri.

Khusus di Kabupaten Sinjai, kata Bupati ASA, pencapaian pembangunan pengarusutamaan gender telah menunjukkan hasil yang baik dari tahun ke tahun.

Dimana Kabupaten Sinjai pertama kali berpartisipasi pada periode 2014 – 2016 dan memperoleh predikat madya. Selanjutnya di tahun 2017-2018 Sinjai berhasil memperoleh predikat utama.

Sehingga melalui kesempatan ini, Bupati ASA berharap agar penghargaan APE yang telah diraih sebelumnya oleh Kabupaten Sinjai dengan predikat kategori utama, dapat dipertahankan.

“Tentu saya mengharapkan komitmen kita bersama untuk mempertahankan capaian ini melalui proses verifikasi hari ini,” harap ASA.