Lurah dan Babinsa Serta Kamtibmas Apala Galakkan Kegiatan Menyapa Warga

Lurah Bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Apala saat bersama petani

RAKYATSATU.COM, BONE – Bertemu, menyapa sambil berbincang-bincang dengan masyarakat mendengarkan keluh kesah warga merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Lurah Apala, Sainal Abidin.

Sehingga sejak dilantik pada hari Jumat 15 Januari 2021 menjadi Lurah Apala Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, Sainal selalu berupaya meluangkan waktunya untuk bertemu warga lewat kegiatan “Menyapa Warga” dan hal itu dilakukan sekali sepekan setiap hari Rabu.

Lurah Bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Apala saat bersama petani

Seperti pada hari Rabu (24/2/2021), Lurah Apala Sainal Abidin, Babinsa Kelurahan Apala Serka Maman Suriyaman dan Babinkamtibmas Kelurahan Apala Briptu Kiki Asriani, menyapa para petani dengan turun langsung di sawah di Lingkungan Amessangeng Kelurahan Apala sambil melihat langsung kondisi tanaman padi yang saat ini dilanda kekeringan akibat kemarau yang berkepanjangan.

“Ketika saya bertemu langsung dengan warga di tempat kerjanya ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri yang rasakan apalagi jika sudah berbincang-bincang dengan warga terkadang saya lupa waktu,” ujar Sainal sambil tertawa.

Namun menurutnya, ada perasaan yang mengusik ketenangan hatinya dikala melihat wajah-wajah kurang bahagia para warganya yang ditemuinya di sawah, akibat kemarau yang berkepanjangan sehingga sejumlah sawah yang sudah ditanami padi mengalami kekeringan.

“Siapa yang tak bersedih jika melihat wajah-wajah murung warga yang tanaman padinya kekurangan air. Itulah yang harus dicarikan solusinya, apalagi Kelurahan Apala dulunya dikenal sebagai lumbung pangan karena merupakan daerah agraris/agraria,” tuturnya.

Lurah Bersama Babinsa dan Babinkamtibmas Apala saat bersama petani

Olehnya itu, ia bertekad akan memaksimalkan kembali saluran irigasi sambil membantu pompa air di tengah-tengah hamparan sawah untuk mengantisipasi jika kemarau berkepanjangan.

Hal senada diungkapkan Babinsa Kelurahan Apala Serka Maman Suriyaman yang diiyakan oleh Babinkamtibmas Kelurahan Apala Briptu Kiki Asriani.

Sementara itu salah seorang warga Amessangeng Kelurahan Apala, Darwis (51), mengakui bahwa saat ini dirinya bersama warga petani sangat merasakan kekurangan air dan mengharapkan ada solusi dari pemerintah.

“Kami sangat berharap agar ada solusi dari pemerintah untuk mengantisipasi seperti yang terjadi hari ini,” ujarnya.