Home / Daerah

Minggu, 24 Januari 2021 - 20:02 WIB

Alokasikan Anggaran, Tahun Ini Nelayan di Sinjai Bakal Dapat Bantuan Kembali

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Sejumlah nelayan di Kabupaten Sinjai pada tahun ini dipastikan akan kembali menerima bantuan perikanan berupa perahu sampan fiber. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai kembali mengalokasikan bantuan perikanan tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perikanan Sinjai, Mukhlis Isma mengatakan, bantuan yang kembali digulirkan, sebagai wujud komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan di Bumi Panrita Kitta.

“Tahun ini, Pemkab Sinjai kembali mengalokasikan bantuan perikanan. Jumlahnya ada delapan perahu sampan fiber 5 Gross tonnage (GT),” ungkap Mukhlis, belum lama ini.

Asisten I Setdakab Sinjai ini menambahkan bahwa, bantuan yang rencananya akan disalurkan pada tahun 2021 ini, mengalami peningakatan kapasitas dari 3 GT menjadi 5 GT.

Selain itu, kata Mukhlis bantuan yang setiap tahun disalurkan kepada nelayan merupakan komitmen Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) untuk mensejahterahkan nelayan.

Apalagi memang, peningkatan kesejahteraan diawali dengan peningkatan produktivitas mereka dengan adanya sarana dan prasrana yang diberikan pemeintah.

“Jadi Ini merupakan program andalan Pemerintah Daerah dibawa kepemimpinan pak Andi Seto,” ujarnya.

Bantuan perikanan dan budidaya tersebut telah berjalan dua tahun sejak dicanangkan pada akhir 2018 lalu. Untuk bantuan budidaya, yang telah diserahkan berupa 20 ribu benih ikan Lele, 57 ribu ekor ikan Nila, 6 ribu ikan Fatin, 10 ribu Nener, 60 ribu ikan Benur, pakan ikan 11 ton, pakan udang 1,3 ton, pupuk Urea dan SP 200 Kg serta pompa 2 unit.

Untuk bantuan perikanan, diantaranya 30 unit fish finder (alat pelacak ikan), 50 buah lampu air garam, 20 unit alat navigasi, 20 unit Life jaket, sampan fiber 7, alat jaring tangkap 7 set. Bantuan ini bersumber dari APBN dan APBD Pemkab Sinjai tahun 2020.

BACA JUGA :  Begini Cara Pemkab Sinjai Kembangkan Sapi Perah dan Industri Susu di Daerahnya

 

Share :

Baca Juga

Daerah

Danrem 141/Tp Bersama Isteri Kompak Senam Bersama Dengan Personel Makorem 141/Tp

Daerah

Bupati Sinjai Dinilai Peduli Dengan Perkembangan Pesantren

Daerah

Dinkes Sinjai Workshop Instrumen Akreditasi Terbaru RAKYATSATU.COM, SINJAI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai melaksanakan workshop pemahaman standar dan instrumen akreditasi terbaru edisi II tahun 2019. Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, Jumat (9/7/2021) di Aula Pertemuan Dinkes. Workshop yang diikuti 30 peserta terdiri dari Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Mutu, Ketua Pokja Admen, Ketua Pokja UKM, Ketua Pokja UKP yang berasal dari enam Puskesmas seperti, Puskesmas Panaikang, Mannanti, Tenggalembang, Balangnipa, Samataring, Lappadata. Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik mengemukakan, bahwa terdapat perbandingan pada standar akreditasi yang lama dan yang terbaru. Misalnya, pada versi 2015 itu memiliki sembilan bab, sementara versi 2019 hanya lima bab. “Jadi lebih dipadatkan lagi atau disederhanakan namun hal itu tidak mengurangi apa yang ingin dicapai serta yang akan diimplementasikan nanti di masyarakat dengan standar yang harus dipenuhi,” ujarnya. Dalam kesempatan ini, dr. Emmy menekankan kepada Kepala Puskesmas dan seluruh Stafnya untuk bekerja lebih keras dan giat dalam mempersiapkan proses Akreditasi nanti. Dirinya berharap dalam kegiatan ini agar seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan baik dari awal sampai selesai nanti. “Mari kita belajar dengan baik sehingga dapat nanti dilaksanakan dan implementasikan di puskesmas, dengan demikian pelayanan kita kepada masyarakat akan lebih bermutu,” ujarnya. Workshop ini menghadirkan dua narasumber yakni, Surveior Akreditasi FKTP (Admen Sulsel) drg. Andi Murniati, dan Surveior Akreditasi FKTP (UKP Sulsel) dr. Enny Farida.

Bone

Jelang HJB ke-692, Ribuan Masyarakat Ikut Sepeda Santai

Wajo

Amran Inginkan Pegawai Selalu Galakkan Jumat Bersih

Advertorial

Bupati Himbau Tetap Patuhi Prokes

Advertorial

Pemkab Maros Gelar Pertemuan, Bahas Program Klasterisasi UMKM Hingga Literasi Keuangan

Soppeng

Didampingi Danrem 141/Toddopuli, Begini Pengarahan Pangdam XIV/Hasanuddin ke Babinsa