Home / Kesehatan

Rabu, 23 Desember 2020 - 07:48 WIB

Usai Dilantik, Menkes Ambil Langkah Cepat Kesiapan Vaksinasi Covid-19

RAKYATSATU.COM, JAKARTA – Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan RI dan Wakil Menteri Kesehatan pada Rabu pagi (23/12/2020) di Istana Negara, Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono langsung berkeliling Kantor Kementerian Kesehatan dan dilanjutkan memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenkes.

Rapat berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak aman.

Membuka rapat, BGS menuturkan sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo, maka tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi COVID-19 sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Target jangka pendek, untuk segera dilakukan vaksinasi COVID-19,” kata Budi.

Kendati dilakukan dalam waktu dekat, BGS menekankan bahwa rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatiaan serta persiapan matang. Menurutnya, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama diantaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi.

“Saya ingin memastikan semua alatnya siap,” imbuhnya.

Untuk menyamakan pemahaman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, BGS mendorong agar pusat menjalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah. Karenanya, dalam waktu dekat, pihaknya bersama wamen siap untuk membahas lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, asosiasi Puskesmas, asosiasi RS Swasta maupun klinik.

“Mungkin besok akan ada rapat dengan semua Asosiasi Puskesmas dan RS, saya ingin mengecek apakah pemahaman kita sama, dan sejauh mana kesiapan mereka melaksanakan vaksinasi COVID-19,” tuturnya.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Zoonosis Salah Satu Penyakit yang Menular dari Hewan ke Manusia

Kesehatan

Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Kesehatan

Tekan Kasus Corona, Panglima TNI dan Kapolri Apresiasi Peran 4 Pilar

Kesehatan

7 Kebiasaan Yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

Kesehatan

Mitos Atau Fakta, Ibu Hamil Dilarang Tidur Pagi Hari?

Kesehatan

Pemerintah dan Swasta Perlu Sinergi Untuk Cegah Stunting

Kesehatan

Bulu Mata Anda Tipis? Coba Cara Ini Untuk Menebalkan Bulu Mata

Daerah

TNI AU Lanud Hasanuddin Gelar Vaksinasi Secara Door to Door