Home / Daerah

Senin, 23 Agustus 2021 - 21:27 WIB

Percepat Pemulihan Ekonomi, Pemkab Wajo Teken Pinjaman PEN Daerah

RAKYATSATU.COM, WAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo tidak ingin menjadikan pandemi Covid-19 sebagai halangan dalam laju pembangunan infrastruktur di daerahnya.

Pada 2021 ini, Pemkab Wajo memanfaatkan pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pemerintah daerah. Ini adalah kebijakan nasional dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan oleh Bupati Wajo H Amran Mahmud dengan Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), Silvi Juniati Gani, tentang perjanjian pinjaman PEN daerah senilai Rp89 miliar yang dilakukan secara virtual.

Perjanjian ini telah melalui persetujuan pinjaman yang telah dievaluasi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri secara transparan dan akuntabel.

“Dengan adanya stimulus pinjaman PEN Daerah ini, kami berharap agar pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 di Kabupaten Wajo dapat dipercepat,” ujar Amran Mahmud saat memberi sambutan ┬ádi ruang Rapat Kantor Bupati Wajo, Senin (23/8/2021).

Amran Mahmud menjelaskan, di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) terdapat tiga perangkat daerah yang menjadi pelaksana teknis, yaitu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, serta Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan.

Amran Mahmud berpesan kepada tim pelaksana teknis untuk melakukan penataausahaan pinjaman PEN Daerah agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam pengelolaan pinjaman.

“Jaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pemerintah pusat dan PT SMI kepada pemerintah kabupaten,” harapnya.

Sebagai informasi, pada 2021 ini pemerintah pusat mengalokasikan pinjaman PEN daerah Rp15 triliun. Dana ini bersumber dari APBN 2021 Rp10 triliun dan dari PT SMI Rp5 triliun.

Share :

Baca Juga

Daerah

Patroli Polsek Bola, Himbau Pengunjung Pasar Taat Prokes

Daerah

Begini Upaya Brimob Bone Beri Rasa Aman di Peringatan 2 Hari Besar Keagamaan

Daerah

Anak Nelayan Apresiasai Bupati Sinjai Karena Ini

Daerah

Kasus Sembuh dan Terkonfirmasi Covid-19 di Asahan Kembali Mengalami Penambahan

Asahan

Bupati Asahan Ajak Masyarakat Laporkan Pajak Pribadi Lewat Online

Maros

Meriahkan Hari Jadi Maros, Bupati Buka Turnamern Bulutangkis dan Tenis Meja

Daerah

Perwakilan Sinjai Raih Juara di Ajang Pemilihan Duta Wisata Sulsel

Bone

BPC Gapensi Bone dan KIS Tak Mau Ketinggalan Galakkan Disiplin Prokes