Home / Jeneponto

Sabtu, 23 Juli 2022 - 20:00 WIB

Danrem 141/Toddopuli Dampingi Pangdam Hasanuddin Buka Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., secara resmi membuka Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda Pangdam Cup Tahun 2022, yang diselenggarakan di Arena Pacuan Kuda Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto Sulsel, Sabtu (23/07/2022)/ Foto : Korem 141/Tp

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., secara resmi membuka Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda Pangdam Cup Tahun 2022, yang diselenggarakan di Arena Pacuan Kuda Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto Sulsel, Sabtu (23/07/2022)/ Foto : Korem 141/Tp

RAKYATSATU.COM, JENEPONTO – Didampingi Danrem 141/Tp, Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H., secara resmi membuka Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda Pangdam Cup Tahun 2022, yang diselenggarakan di Arena Pacuan Kuda Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto Sulsel, Sabtu (23/07/2022).

Kapenrem 141/Tp. Mayor Arm Arfan Towasi, mengatakan, Kabupaten Jeneponto yang merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan kegemaran penduduknya pada hewan ternak kuda, dan juga pacuan kuda telah menjadi olahraga yang merupakan atraksi budaya yang diminati oleh masyarakat Jeneponto sejak dulu.

Diawal sambutannya Pangdam XIV Hasanuddin mengatakan bahwa Kabupaten Jeneponto dipilih sebagai tempat pelaksanaan kejuaraan lomba pacuan kuda Pangdam Cup karena kuda merupakan salah satu ternak yang sudah lama digemari oleh masyarakat di daerah Kabupaten Jeneponto.

“Olahraga ini merupakan atraksi budaya yang diminati oleh masyarakat Jeneponto sejak dulu. Disisi lain olahraga ini juga merupakan olahraga yang memiliki makna filosofi bagi masyarakat Jeneponto,” tuturnya.

“Selain melestarikan olahraga berkuda, kejuaraan ini juga memiliki beberapa manfaat yaitu menumbuhkan generasi yang sportif dan tangkas, sekaligus sebagai wadah untuk membina dan menggalang rasa persaudaraan, sportivitas dan kesatuan serta melatih keberanian dan daya juang, khususnya bagi para penggemar olahraga berkuda,” ujarnya lagi.

“Gelaran lomba pacuan kuda tradisional ini juga merupakan salah satu destinasi wisata sehingga kita harus gencar mempromosikan olahraga ini guna menarik perhatian para wisatawan, utamanya bagi mereka yang gemar menonton olahraga berkuda juga dapat menjadi moment sebagai wahana untuk hiburan,” sambungnya.

Jenderal bintang dua ini mengajak kepada seluruh peserta dapat mengikuti kejuaraan ini dengan penuh semangat, dan menjadikan event ini sebagai tolak ukur untuk menilai keberhasilan pembinaan latihan dan ketangkasan berkuda yang telah dilakukan selama ini.

“Saya juga mengharapkan kepada para peserta, agar jangan hanya fokus pada pencapaian prestasi akan tetapi lebih mengutamakan keselamatan dan kenyamanan, utamanya kesiapan fisik yang baik, mengingat olahraga berkuda berpotensi menimbulkan resiko yang besar,” tambahnya.

Usai memberikan sambutan orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini secara resmi membuka Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda Pangdam Cup Tahun 2022, dilanjutkan dengan menaikan bendera star diawal perlombaan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Gubernur Prov. Sulsel diwakili Kadis Perdagangan, Drs. Ashari Fahksiri Radjamilo, Kapolda Sulsel diwakili Wadir Samapta. AKBP Yudha Kesit Dwijayanto, S.I.K, Danrem 141/Tp Dam XIV/Hsn, Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E, Danrem 142/Tatag Dam XIV/Hsn. Brigjen TNI Farouk Fakar, S.Pd.,M.Han, Danrem 143/H0 Dam XIV/Hsn. Brigjen TNI Yufti Senjaya, S.E., M.M, Irdam XIV/Hsn. Brigjen TNI Dwi Endro Sasongko, S.Sos, Kapok Sahli Pangdam XIV/Hsn Brigjen TNI Andi kaharuddin, S.I.P, Para Asisten dan Kabalak Kasdam XIV/Hsn, Para unsur Forkopimda Kab. Jeneponto, Dandim 1409/Gowa. Letkol Inf Muhamad Isnaeni Natsir, S.I.P, Dandim 1426/Tkl. Letkol Kav. Nanang Sujatmiko, M.Han, Ketua Pordasi Prov. Sulsel. Musain Arif, S.Pd,-M.Pd, lara Camat, para Lurah/Kepala Desa, para tokoh masyarakat. [Ikhlas/Rasul]

Share :

Baca Juga

Jeneponto

Kunker di Jeneponto, Ini Arahan Pangdam XIV Hasanuddin