Home / Daerah

Rabu, 23 Juni 2021 - 19:21 WIB

SMKN 4 Bone Pelopori Pameran Program Yess di Kabupaten Bone

RAKYATSATU.COM, BONE – Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) merupakan sinergi Kementerian Pertanian (Kementan) dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian.

Sebagai salah satu progres pelaksanaan program YESS, SMKN 4 Bone selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU), menggelar pameran pertanian bertajuk Open Day, selama dua hari yakni Selasa – Rabu (22 – 23/6/2021) di lapangan upacara SMKN 4 Bone, Desa Carawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone.

Kegiatan Pameran Open Day Program Yess, Pameran Produk Pertanian Petani Muda Milenial dilaksanakan SMKN 4 Bone merupakan Kerjasama Kementerian Pertanian dan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbantan) Gowa, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H Sunardi Nurdin dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Kementan akan terus menfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone, H Sunardi Nurdin saat hadiri Pameran Program Yess

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini,” ujar H Sunardi Nurdin.

Ia juga menjelaskan bahwa, pertama, program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda dan pemudi harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 111 Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. A. Syamsu Alam mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan dukungan Pemkab Bone. Apalagi ada katanya 4 SMKN di Bone yang membuka jurusan pertanian dan ini demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bone

“Kami hanya secara administrasi dikelola Provinsi Sulawesi Selatan namun kami putra Kabupaten Bone. SMA/SMK di Kabupaten Bone adalah sekolah masyarakat Kabupaten Bone. Olehnya itu kami sangat mengharapkan dukungan dari bantuan dari Pemkab Bone,” harap Andi Syamsu Alam.

Sekedar informasi, kegiatan Pameran Open Day Program Yess, Pameran Produk Pertanian Petani Muda Milenial di Sulawesi Selatan baru dilaksanakan di empat (4) kabupaten, yakni Kabupaten Maros, Bone, Bulukumba dan Bantaeng.

Kegiatan ini dihadiri pula Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Bone H Andi Asman Sulaiman, Direktur Polbantan Gowa dan Kadis Koperasi Kabupaten Bone serta sejumlah undangan lainnya.

Share :

Baca Juga

Bone

Personel Korem 141/Tp Sulsel Laksanakan Minggu Militer, Ini Tujuannya

Daerah

PPSDM Regional Makassar Studi Lapangan Kerja di Sinjai

Daerah

Bupati Chaidir Syam Kukuhkan Anggota Paskibraka Maros

Daerah

Bersama Disdukcapil Provinsi Sulsel, Pemkab Maros Gelar Sosialisasi Kepemilikan Akta Kelahiran

Daerah

Pemkab Wajo Gelar Vaksinasi Massal untuk Pelajar

Daerah

Jelang Ramadhan, Batalyon C Pelopor Kembali Himbau Cegah Covid-19 Lewat Lagu

Daerah

Bupati dan Forkopimda Asahan Ikuti Pengatahan Presiden RI

Daerah

Bupati Maros Terima Kunjungan Pimpinan UMI, Bahas Sinergitas Program Pemerintah