Bersama Dispora dan KONI, Komisi I DPRD Sinjai Gelar Raker Persiapan Porprov 2022

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Komisi I DPRD Sinjai menggelar rapat kerja bersama Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sinjai, di Ruang Rapat DPRD, Jumat (23/4/2021).

Rapat dipimpin, Ketua Komisi I DPRD, Jamaluddin, dihadiri para Anggota Komisi I DPRD, Muhammad Wahyu, Zahra Usman, Darna, Hasna, M Takdir serta Rustan.

Rapat kerja tersebut dalam rangka membicarakan kesiapan Dispora dan KONI dalam hal kesiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022, apalagi mengingat Kabupaten Sinjai menjadi tuan rumah bersama Kabupaten Bulukumba.

Ketua Komisi I DPRD Sinjai, Jamaluddin pada saat membuka rapat tersebut menyampaikan bahwa pentingnya rapat ini diselenggarakan dalam rangka menyatukan persepsi menghadapi ajang yang bergengsi, mengingat Kabupaten Sinjai merupakan kali pertama menjadi tuan rumah pada Porprov 2022.

“Kami dari Komisi I DPRD memandang perlu terkait hal ini. Olehnya itu, kami mengundang Dispora bersama KONI untuk membahas lebih lanjut terkait kesiapan Pemkab menghadapi Porprov 2022”, katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kadispora, Hasir Ahmad, mengungkapkan semenjak ditunjuknya Kabupaten Sinjai bersama Kabupaten Bulukumba menjadi tuan rumah bersama pada Porprov 2022, pihaknya siap berupaya, berusaha dan bertanggung jawab terkait sarana dan prasarana pada cabang olahraga (Cabor) di Kabupaten Sinjai.

Namun demikian, dikatakan bahwa dari 21 Cabor yang digunakan Sinjai pada porprov 2022 ada 7 cabor yang membutuhkan anggaran besar terhadap pembenahan atau perbaikan veneu yang akan digunakan nantinya.

“Meski dengan kondisi begini, kami berusaha melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel pak, terkait bantuan untuk anggaran keuangan karena seperti diketahui bahwa memang ada bantuan anggaran pada Porprov yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sulsel”,ungkapnya.

Pihaknya pun mengaku sudah melakukan koordinasi kepada Pemkab terkait bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi.

“Kami sudah bertemu langsung dengan Bupati Sinjai, dan insyaallah secepatnya ia akan menemui Pemerintah Provinsi dalam hal ini Plt Gubernur Sulsel untuk membicaran terkait hal itu”,tandasnya.

Hal senada dikatakan, Ketua KONI Sinjai, Suhardiman terkait kendala-kendala yang dihadapi dalam persiapan penyelenggaraan Porprov 2022 yakni sarana dan prasarana yang beberapa cabor masih membutuhkan perbaikan veneu dan hal tersebut membutuhkan anggaran yang besar.

Olehnya itu, ia berharap DPRD dapat memfasilitasi ke Pemerintah Provinsi terkait hal itu.

Selain itu, dikatakan maskot dan logo yang akan dipasang pada saat porprov dipandang perlu untuk di koordinasikan kepada Pemkab Bulukumba karena menurutnya logo tersebut mencerminkan dua daerah yang berbeda.

‘Kami sangat membutuhkan keterlibatan dan support dari semua elemen termasuk dari masyarakat Sinjai sendiri karena nantinya kami juga akan mempersiapkan pemondokan untuk para atlet dari luar wilayah Sinjai dan alternatifnya kami membutuhkan rumah warga untuk dijadikan pemondokan nantinya” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada DPRD atas kepekaan dan perhantiannya terhadap rencana porprov 2022 hal itu dibuktikan dengan digelarnya rapat kerja pada hari ini yang tujuannya agar penyelenggaraan porprov 2022 nantinya berjalan lancar dan sukses.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Sinjai, Muhammad Wahyu menuturkan bahwa dalam pelaksanaan setiap kegiatan pentingnya membentuk panitia pelaksana Kabupaten agar masing-masing tugas Dispora dan KONI jelas.

“Suksesnya kegiatan yang dilaksanakan membutuhkan saling support antara semua unsur yang terlibat baik dari Pemkab, Dispora, KONI begitupun pihak DPRD. kami siap memfasilitasi ke Provinsi ketika dibutuhkan” tuturnya.

Diakhir rapat Jamaluddin berkesimpulan bahwa dalam rangka mensuseskan Porprov 2022 membutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik begitupun dalam hal pengelolaan keuangan.

“Kita berharap Porprov 2022 bisa berjalan dengan sukses dan Kabupaten Sinjai menjadi yang terbaik” tutupnya.