Home / Daerah / Wajo

Kamis, 22 September 2022 - 14:06 WIB

Diapresiasi Bupati Wajo, Mahasiswa IAI As’adiyah Diberangkatkan Umrah

Bupati Wajo, Amran Mahmud (kanan) bersama Mahasiswa IAI As'adiyah Sengkang Erfendi saat melaksankan ibadah umrah di tanah suci, Arab Saudi, Kamis (22/9/2022)/ Foto : Dok. Bupati Wajo

Bupati Wajo, Amran Mahmud (kanan) bersama Mahasiswa IAI As'adiyah Sengkang Erfendi saat melaksankan ibadah umrah di tanah suci, Arab Saudi, Kamis (22/9/2022)/ Foto : Dok. Bupati Wajo

RAKYATSATU.COM, WAJO – Sebagai bentuk apresiasi terhadap peraihan prestasi selama ini, Bupati Wajo, Amran Mahmud, memberikan penghargaan kepada salah seorang mahasiswa program pembelajaran khusus Berbasis Tokoh Agama Desa (BTAD) Institut Agama Islam (IAI) As’adiyah Sengkang.

Dia adalah Erfidin, yang kini bersama Amran Mahmud berangkat umrah ke tanah suci, Arab Saudi.

Erfidin diapresiasi dan dihadiahi paket umrah gratis Amran Mahmud karena mampu menunjukkan prestasi dan inovasi gemilang saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada 2021 lalu.

Menurut Amran Mahmud, Erfidin dinilai mampu menunjukkan kemampuan memengaruhi masyarakat sesuai program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang religius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, khususnya program Gerakan Masjid Cantik (Gemantik).

“Saya memang menjanjikan akan memberikan hadiah umrah kepada mahasiswa program pembelajaran khusus BTAD kerja sama Pemkab Wajo dan IAI As’adiyah saat melepaskan mereka berangkat PPL,” kata Amran melalui pesan Whatsappnya, Kamis (22/9/2022).

Kata dia, Erfidin ini telah melakukan berbagai inovasi dalam menerapkan ilmunya di antara sekian anak yang menjadi utusan desa.

“Yang membuat saya terkesan, Erfidin mampu mengajak anak muda yang putus sekolah hingga mereka yang jarang untuk belajar mengaji,” terangnya.

Amran Mahmud menyebut program pembelajaran khusus BTAD merupakan bentuk keseriusannya dalam mengawal program Gemantik agar semua desa bisa menstandardisasi masjidnya secara fisik. Terutama memakmurkan serta menjadikan masjid sebagai tempat pembinaan umat sebagaimana yang sudah diaturnya melalui peraturan bupati.

“Program ini juga sekaligus menyiapkan kader-kader ulama ataupun menjadi tokoh agama di desa. Jadi, setiap desa mengirimkan satu orang anak yang dibiayai kuliahnya di IAI As’adiyah dengan beasiswa dari dana desa. Setelah selesai akan kembali mengabdi di desa yang mengutusnya,” beber Amran Mahmud yang juga Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo.

BACA JUGA :  Dinilai Berbahaya, Brimob Bone Tebang Pohon Lapuk di Jalan Protokol

Sementara, Rektor IAI As’adiyah Sengkang, A.G. Muhammad Yunus Pasanreseng Andi Padi, menjelaskan Erfidin memang teladan di kampus dan cerdas serta cekatan di desa lokasi PPL.

Menurut dia, inovasi Erfidin selama PPL yang membuat Bupati Wajo tertarik memberikan reward berupa umrah gratis, di antaranya mengajar baca tulis Al-Qur’an kepada masyarakat lanjut usia (lansia), ibu rumah tangga, remaja, termasuk yang putus sekolah, murid sekolah, serta santri madrasah.

Lalu, mengajar menghafal Al-Qur’an, memberikan bimbingan perawatan jenazah, turun langsung ke sawah memberikan penyuluhan berzakat kepada para petani, bimbingan kepenghuluan, pemotongan hewan, pembacaan barzanji, pembacaan doa, pemanduan orang sakratulmaut, serta banyak lagi yang lainnya.

“Kami bersama civitas academica berdoa semoga Bupati Wajo bersama rombongan, termasuk mahasiswa teladan kami diberikan kelancaran dalam ibadahnya, serta memperoleh umrah yang mabrur,” harap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Wajo ini.

Erfidin mengucapkan terima kasih atas beasiswa dan hadiah umrah dari Bupati Wajo serta fasilitas dan dukungan dari perangkat daerah terkait, IAI As’adiyah, khususnya Kepala Desa Lampulung yang telah mengutusnya mengikuti program pembelajaran khusus BTAD.

“Semoga Bapak Bupati Wajo diberikan kesehatan dan umur yang panjang supaya ke depannya Wajo bisa berjaya, maju, dan sejahtera di bawah kepemimpinan beliau bersama Bapak Wakil Bupati,” harap Erfidin. [Ikhlas/Yusuf]

Share :

Baca Juga

Daerah

Jelang HUT TNI ke 76, Ini Kegiatan Kodim 1407/Bone Dikunjungi Danrem 141/Tp 

Sinjai

BPKAD Sinjai Sebut TPP ASN Selama Tiga Bulan Rampung

Daerah

Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Maros Dilantik

Daerah

SMP 16 Mandai Maros Mulai Adopsi Program Sekolah Digital

Daerah

Ikuti Rakor Dengan Presiden RI, Pemkot Tanjungbalai Akan Lakukan Evaluasi

Asahan

Wakil Bupati Asahan Jadi Inspektur Upacara di UPTD SMP Negeri I Kisaran

Bone

WIB Nilai Partai Nasdem Tidak Bijak, Ini Tanggapan Mantan Ketua Fraksi Nasdem

Wajo

Penanganan Banjir, Pemkab Wajo Teken Kerjasama dengan Puslantek CoT Fakultas Tekhnik Unhas