Dua Anak Usaha Archi Raih Penghargaan Platinum Pada Event Indonesian SDGs Award 2021

RAKYATSATU.COM, JAKARTA – Anak usaha milik PT. Archi Indonesia Tbk yang bergerak di bidang pertambangan emas yakni PT. Meares Soputan Mining (PT. MSM) dan PT. Tambang Tondano Nusajaya (PT. TTN) berhasil mendapatkan penghargaan Platinum pada event Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021.

Penghargaan platinum pada event Indonesian SDGs Award 2021 ini diselenggarakan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, pada hari Jumat (17/09/2021) lalu.

Event ini secara rutin dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali ini oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), dan pada tahun ini mengusung tema “Peran Serta Korporasi dan Stakeholders dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa”.

Diketahui, event ini memperlombakan 3 (tiga) kategori, yakni kategori Sustainable Development Goals (SDGs) korporasi yang berisikan 17 goals dan 34 program, kategori Corporate Social Responsibility (CSR) yang berisikan 16 goals dan 30 program serta kategori perseorangan yang meliputi level direksi, level general manager, level manager serta level mitra.

Selain itu, event ISDA tahun ini juga melibatkan penilaian terhadap hampir 200 perusahaan dari berbagai industri dan sektor. Dimana selama masa pandemi, penilaian ISDA dilakukan secara virtual dengan melakukan asesmen dari video- video yang diberikan dengan program-program yang sudah berjalan minimal selama 2 (dua) tahun dari setiap perusahaan.

Bahkan presentasi program-program dan sidang panelis terkait penilaian ISDA juga sudah dilakukan sejak beberapa waktu yang lalu.

Pada event tersebut, PT. MSM dan PT. TTN berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi, yaitu Platinum untuk pencapaian program- program SDGs, yang meliputi beberapa program termasuk peningkatan kualitas dan akses air bersih bagi masyarakat, peningkatan kesehatan Ibu hamil dan melahirkan, serta peningkatan peluang usaha dan kerja bagi masyarakat.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh perwakilan dari Manajemen PT. MSM dan PT. TTN, yaitu Yustinus Hari Setiawan dan tim dari External Department PT. MSM dan PT. TTN

Dalam kesempatan itu, Wakil Direktur Utama Archi, Rudy Suhendra mengucapkan rasa syukurnya dan bangga atas apresiasi yang diberikan kepada anak usahanya yakni PT. MSM dan PT. TTN.

Kata Rudy, hal ini menunjukkan bahwa Archi berserta anak usahanya terus menjalankan komitmen dan secara konsisten melaksanakan kegiatan CSR yang berkelanjutan, terutamanya di bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

“Kami berhadap program-program CSR yang kami lakukan dapat membantu pertumbuhan ekonomi daerah secara mandiri dan sustainable, yang selaras dengan program pembangunan dari pemerintah,” katanya.

Lebih lanjut, Rudy juga mengungkapkan bahwa sebelumnya PT. MSM dan PT. TTN telah mendapatkan penghargaan peringkat Gold untuk ISDA pada tahun 2017 lalu, untuk kategori Program Air Bersih Masyarakat.

“Kedepannya, Archi akan terus melakukan upaya-upaya untuk tetap menjadi perusahaan yang memiliki Corporate Social Value yang baik bagi pemerintah maupun para pemangku kepentingan kami,” tandasnya.