Home / Daerah / Soppeng

Senin, 22 Agustus 2022 - 17:46 WIB

Desa Cantik Diharapkan Bisa Implementasikan Pengeloaan Data

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak saat melakukan penandatanganan piagam pencanangan Desa Pesse sebagai Desa Cinta Statistik, di Desa Pesse, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng, Senin (21/8/2022)/ Foto : Yudha

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak saat melakukan penandatanganan piagam pencanangan Desa Pesse sebagai Desa Cinta Statistik, di Desa Pesse, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng, Senin (21/8/2022)/ Foto : Yudha

RAKYATSATU.COM, SOPPENG – Badan Pusat Statistik (BPS) berasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng launching Desa Cinta Statistik (Cantik), Senin (21/8/2022).

Sebagai langkah awal, Desa Pesse, Kecamatan Donri-donri jadi daerah pertama dicanangkan sebagai Desa Cantik.

Kepala Desa Pesse, Andi Fatmawati merasa sangat bersyukur, karena Desa yang ia pimpin dipilih sebagai salah satu percontohan untuk Desa Cantik tahun 2022 di Kabupaten Soppeng.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Soppeng, Muhlis, mengatakan pencanangan Desa Cantik ini ialah sebagai langkah awal implementasi program pengelolaan data yang berstandar dan berkualitas mulai dari tingkat desa khususnya di Kabuaten Soppeng guna mendukung pembangunan desa dan pemerintah daerah.

“Kami juga telah menyediakan website (klik disini) sebagai sarana yang bisa digunakan dalam memudahkan kegiatan-kegiatan di Desa. Di dalam Website juga telah tersedia fitur pengisian potensi Desa Pesse secara mandiri,” katanya.

Launching Desa Cantik ini diapresiasi Bupati Soppeng, HA Kaswadi Razak. Dimana kata dia, bahwa Program desa cinta Statistik ini sejalan dengan poin ketiga Nawa Cita Presiden Jokowi yaitu “Membangun desa dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

“Data Statistik sangat penting untuk mengetahui informasi yang sebenarnya, maka tepatnya rasanya jika kita memulai komitmen ini. Semoga ini dapat menjadi suatu produk informasi untuk kita semua agar kita dapat mengelola data dengan baik dan benar untuk mengantarkan masyarakat lebih sejahtera,” ucapnya.

Dia berharap agar program desa cantik ini juga melibatkan Lurah yang juga merupakan bagian dari NKRI, karena dalam Statistik tidak ada perbedaan antara desa dan lurah utamanya di Kabupaten Soppeng. “Mari kita terdepan dalam hal kebaikan, sehingga program statistik ini sangat dibutuhkan,” terangnya.

BACA JUGA :  Kembali Difungsikan, Pesawat Susi Air Terbang Perdana di Bandara Arung Palakka

Acara Launching Desa Cantik (cinta statistik) ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati Soppeng turut didampingi Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Kabupaten Soppeng, Kepala desa pesse. Hadir pula Kepala SKPD, para Camat, Para kepala Desa se Kabupaten Soppeng. [Ikhlas/Yudha]

Share :

Baca Juga

Advertorial

Danrem 141/Tp Minta Dukung Jajarannya Program Ketahanan Pangan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Maros

Chaidir Syam Terpilih Jadi Ketua Ikapem Fisip Unhas

Daerah

Bupati Soppeng : Resepsi Kenegaraan Tanda Rasa Syukur

Sinjai

Program Pelayanan Perizinan Tunjukkan Tren Positif, Bupati : Seluruh Desa Agar Siapkan Gerai Panrita

Daerah

Jelang Putusan PHPU di MK, Brimob Sulsel Ikuti Apel Gelar Pasukan di Polres Yalimo

Daerah

KUA-PPAS Tahun 2022 Sinjai Diparipurnakan

Advertorial

Jam Komandan Perdana, Danrem 141/Tp Ingatkan Prajuritnya Pedomani Visi Kodam XIV/Hasanuddin

Daerah

Tiga Warga Liliriaja Jadi Penerima Manfaat Bantuan Tim Super Peduli