Home / Sinjai

Minggu, 22 Mei 2022 - 13:08 WIB

17 Ruas Jalan Bakal Jadi Fokus Pembangunan Pemerintah Sinjai

Pejabat Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga PUPR Sinjai, Andi Adnan Najamuddin saat ditemui media/ Foto : Sudirman

Pejabat Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga PUPR Sinjai, Andi Adnan Najamuddin saat ditemui media/ Foto : Sudirman

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Program pembangunan atau peningkatan infrastruktur jalan terus direalisasikan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di tahun keempat kepemimpinannya.

Sedikitnya terdapat 17 ruas jalan yang dipastikan akan tersentuh pengaspalan atau hotmix yang tersebar dibeberapa kecamatan.

Ruas jalan yang akan dikerjakan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID) hingga dana hibah infrastruktur dari Pemprov Sulsel. Totalnya mencapai Rp.68,9 miliar lebih.

“Alhamdulillah kita mendapatkan alokasi anggaran untuk peningkatan jalan (hotmix) sebesar Rp.68 Miliar lebih dengan tiga sumber penganggaran seperti DAK, DID dan Hibah,” kata Pejabat Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga PUPR Sinjai, Andi Adnan Najamuddin, Jumat (20/5/2022) lalu.

Adnan menyebut, tahapan pengerjaan 17 ruas jalan telah berproses dan dipastikan akan segera dikerjakan sesuai petunjuk Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Ruas jalan yang dipastikan bakal tersentuh aspal tahun ini kata dia, diantaranya dari DAK Ruas Bongki – Wae Pellae, Maccini – Lasiai, Buakang – Kaloling, Lancibung Lagora, Erabaru – Bua, Bikeru 1 – Coddong. Sedang DAK penugasan ruas Jampi – Lita litae, Puncak – Songing dan Cenrana – Sereng.

Untuk pengerjaan jalan bersumber dari DID seperti Dompili – Kaloling, Kassibuleng – Pattiroang, Jalan lingkar Taruncue, jalan lingkar kantor Bupati dan Macconggi – Caile.

Sementara Hibah Pemprov Sulsel menyentuh, ruas jalan Lita litae – Jualampe, Lembang Gogoso-Laha laha serta Jatie – Bua.

“Sudah ada di bagian pengadaan barang dan jasa tahap pengawasan, Insya Allah tahun ini rampung karena harapan pak Bupati agar bisa secepatnya dilaksanakan, diawasi sesuai dengan petunjuk teknis, tepat mutu dan tepat waktu,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pemkab Sinjai Apresiasi Kegiatan Jelajah Literasi : Mari Tingkatkan Indeks Literasi

Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) mengatakan, realisasi program peningkatan jalan adalah salah satu program prioritas sebagai upaya meningkatkan pendapatan masyarakat Sinjai.

Sebab, dengan mulusnya akses jalan antar desa, kecamatan hingga kabupaten diyakini dapat memperlancar mobilisasi warga yang akan mengangkut hasil pertanian, peternakan hingga perkebunan sehingga biayanya dapat tertekan.

“Harapan kita semua ruas jalan di Sinjai dapat mulus, dengan begitu warga baik petani, peternak dan warga pada umumnya bisa merasakan akses yang dapat memperlancar pengangkutan hasil bumi. Selain itu memperpendek jarak tempuh warga hingga menekan biaya distribusi,” jelasnya.

Kemudian untuk jalan lainnya yang belum tersentuh perbaikan pemerintah, Bupati ASA akan terus berupaya di tahun yang akan datang. [Ikhlas/Sudirman]

Share :

Baca Juga

Sinjai

Dua Pimpinan DPRD Sinjai Turut Hadir Safari Ramadan di Sinjai Selatan

Advertorial

Pemkab Sinjai Porprov Gelar Pertemuan, Begini Kata Ketua Panitia

Daerah

World Cleaning Day, Pemkab Sinjai Ajak Seluruh Elemen Berprilaku Hidup Sehat

Advertorial

Peringatan Haornas, Bupati Sinjai Minta Seluruh Elemen Gaungkan Semagat Olahraga

Sinjai

Pengingkatan Pengetahuan Melalui Pelatihan Pengolahan Perikanan Tangkap

Sinjai

Logistik Pilakdes Didistribusikan, Begini Harapan Ketua DPRD Sinjai

Sinjai

GP Ansor Sinjai Dukung Kebijakan Menunjukkan Surat Vaksin Saat Mencoblos

Sinjai

Pemkab Sinjai Gelar Latsar CPNS Golongan III