Buka Latsar CPNS, Bupati Maros Minta Peserta Serius dan Gali Potensi

Buka Latsar CPNS, Bupati Maros Minta Peserta Serius dan Gali Potensi

RAKYATSATU.COM, MAROS – Bupati Maros AS Chaidir Syam bersama Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari membuka Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III Angkatan II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros Tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula B Pengelolaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Makassar, Senin (22/03/2021), dengan jumlah peserta 40 orang CPNS.

Latihan dasar (Latsar) menjadi kewajiban bagi CPNS sesuai peraturan pemerintah nomor 101 tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan pegawai negeri sipil. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan hasil yang positif serta meningkatkan kualitas sumberdaya aparatur pemerintah kabupaten Maros.

Dalam sambutannya, Bupati Maros, AS Chaidir Syam menyampaikan, para peserta benar-benar memanfaatkan kegiatan ini untuk lebih menggali potensinya. Sebab jika tidak lulus, peserta akan dianggap tidak memenuhi persyaratan untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Buka Latsar CPNS, Bupati Maros Minta Peserta Serius dan Gali Potensi

“Dalam pelaksanaan latsar ini sarat dengan evaluasi dan penilaian. Karena dari referensi materi yang diberikan memiliki bobot penilaian sebagai upaya membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik,” tutur mantan Ketua DPRD Maros ini.

Dia menambahkan, kebijakan penyelenggaraan Latsar CPNS golongan III ini dikeluarkan dengan harapan menghasilkan PNS yang profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat.

Dalam sambutannya ini Bupati Maros juga menyampaikan visi kabupaten Maros “Maros sejahtera, religius, dan berdaya saing”. Dia berharap aparatur sipil negara yang memiliki kompetensi tinggi dan berkualitas dapat membantu peningkatan kualitas penyelenggara birokrasi dan pelayanan publik.

Kegiatan pelatihan dasar ini menjadi ajang motivasi CPNS untuk lebih meningkatkan semangat dan etos kerjannya. Menciptakan semangay pengabdian yang tinggi, juga tidak lepas dari peraturan perundang- undangan agar tercipta mekanisme kerja yang profesional dalam menyejahterakan masyarakat.

“Melalui kesempatan ini, saya menghimbau kepada peserta Latsar CPNS untuk mengikuti pembelajaran secara serius, tepat waktu dan matuhi segala ketentuan yang berlaku dalam penyelenggaraan Latsar CPNS, sehingga semua peserta dapat lulus dengan baik,” tutup Chaidir Syam.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Maros, Surianna Bohari menambahkan, pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS ini akan dilaksanakan secara bertahap. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi covid-19. Di setiap tahapan dikuti sekitar 40 orang peserta.

“Kita membagi dalam lima tahap. Karena memang kita tidak memaksakan untuk dilaksanakan secara keseluruhan. Setiap tahapan akan diikuti sekitar 40-an CPNS,” jelasnya.