Buka Forum RPJMD 2018-2023, Wabup Sinjai Sebut Angka Kemiskinan Menurun

RAKYATSATU.COM, SINJAI – Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong membuka Forum Konsultasi Publik Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (22/03).

Forum konsultasi publik ini bertujuan untuk memperoleh masukan untuk untuk penyempurnaan rancangan awal perubahan dokumen RPJMD.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan beberapa hal yang mendasari perubahan RPJMD yang menyebabkan tidak tercapainya target yang telah ditetapkan pada saat RPJMD ditetapkan pada tahun 2019 lalu.

“Adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan adanya realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 beserta dampak ekonomi yang ditimbulkan. Realokasi anggaran ini tentunya berpengaruh secara signifikan terhadap anggaran yang sedianya dialokasikan untuk membiayai kegiatan untuk pencapaian visi misi dan program unggulan pemerintah daerah sampai akhir periode tahun 2023 nanti,” tutur Wabup.

Wabup juga menuturkan bahwa di tahun ketiga dalam periode RPJMD ini, telah banyak pencapaian yang cukup menggembirakan terkait target visi misi yang telah dicanangkan.

“Angka kemiskinan telah menurun ke angka 9 persen dari angka tahun 2019 yaitu 9,14 persen. Tingkat kemiskinan ini telah menyentuh target RPJMD yang telah kita pasang,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Wabup pun berharap semua pihak agar semaksimal mungkin mengarahkan segenap sumber daya yang dimiliki untuk pencapaian target di akhir periode tahun 2023.

Selain Wakil Bupati Sinjai, forum ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sinjai, Andi Muhammad Sabir, para staf Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, para Asisten Setdakab Sinjai, Kepala Bappeda, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Sinjai, para Camat se-Kabupaten Sinjai, para Kepala Bagian Lingkup Setdakab Sinjai, perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan pelaku usaha serta para anggota Tim Penyusun Perubahan RPJMD.