BPJS Kesehatan Cabang Watampone Gelar Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan

RAKYATSATU.COM, BONE – Sebagai upaya tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung perluasan cakupan kepesertaan, penegakan regulasi nasional serta peningkatan kualitas pelayanan, BPJS Kesehatan Cabang Watampone menggelar Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Kabupaten Sinjai pada Kamis (18/03/2021) kemarin.

Forum tersebut selain dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sinjai selaku Ketua Forum.

Pada kesempatan tersebut hadir pula anggota Forum diantaranya adalah Sekretaris Dinas UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Pengawas Ketenagakerjaan UPT Wilayah 3 Bone Disnakertrans Provinsi Sulawesi Selatan.

“Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Kabupaten Sinjai ini mempunyai tugas salah satunya adalah melakukan evaluasi atas pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka peningkatan cakupan kepesertaan, kepatuhan pemberian data yang lengkap dan benar serta kepatuhan pembayaran iuran,” jelas Arif Budiman, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Watampone dalam sambutan pembukaannya.

Topik utama dalam Forum tersebut adalah pembahasan kepatuhan Badan Usaha untuk mendaftarkan pekerjanya dan membayar iuran terlebih untuk badan usaha yg tidak patuh dengan melakukan mediasi atau pendekatan dan penekanan kepada mereka apa kendala dan masalah sehingga blum mendaftar atau belum membayar iuran.

Harapannya pada pertemuan ini dilakukan evaluasi serta tindak lanjut untuk mengambil langkah-langkah ke depan yang perlu dalam rangka mengoptimalkan program JKN-KIS di Kabupaten Sinjai.

“Melalui Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Kabupaten Sinjai tahap pertama tahun 2021 ini membuka jalan silaturahmi kembali dengan anggota forum khususnya terkait dalam kepatuhan pemberi kerja untuk memberikan jaminan kesehatan kepada pekerjanya,” papar Ajie Prasetya, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sinjai, dalam sambutannya.

“Serta penyampaian apabila terdapat regulasi terbaru terkait pelayanan kesehatan dimasa pandemi ini untuk menindaklanjuti hasil pertemuan sebelumnya yang rutin kita adakan,” tambahnya.

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai yang telah memberikan jaminan kesehatan kepada penduduknya serta keikutsertaan Badan Usaha dalam berkontribusi pada program Jaminan Kesehatan Nasional dengan mendaftarkan dan melaporkan data pegawainya secara lengkap.